Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Difasilitasi Anjungan SIAPkerja, Ratusan Warga Batang Diterima Kerja di KITB

Kompas.com - 18/01/2024, 14:57 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah pecah telur pada November 2023, kini sebanyak 350 warga Batang kembali diterima kerja di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). 

Warga dari beberapa kecamatan penyangga KITB tersebut direkrut untuk ditempatkan di PT Yih Quan Footwear, pabrik sepatu yang akan beroperasi pertama kali pada 2024.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Caswiyono Rusydie mengatakan, proses rekrutmen warga Batang tersebut dilakukan melalui berbagai tahapan, yaitu pelatihan, sertifikasi, hingga seleksi penempatan. 

Dia mengatakan, pihaknya memfasilitasi seluruh proses rekrutmen itu melalui Anjungan SIAPkerja KITB yang ia prakarsai.

Anjungan SIAPkerja merupakan fasilitator pemenuhan kebutuhan tenaga kerja KITB secara transparan dan bebas pungutan.

Baca juga: Tungku Smelter Nikel di Morowali Meledak, Kemenaker Turun Tangan

"Kami mengundang anak-anak muda dan semua angkatan kerja Batang untuk mengikuti rekrutmen ini secara mudah dan gratis," katanya di Batang, Rabu (17/1/2024).

Caswiyono menjelaskan, Anjungan SIAPkerja telah berhasil menempatkan 50 warga lokal desa sekitar KITB pada November 2023. 

Saat ini, mereka sudah mulai bekerja di PT Yih Quan Food Wear sehingga secara keseluruhan sebanyak 400 putra-putri Batang telah berhasil ditempatkan di KITB.

Caswiyono mengapresiasi kesuksesan kolaborasi antara Anjungan SIAPkerja dengan industri dan berbagai pihak dalam melaksanakan rangkaian rekrutmen.

Dia juga mengapresiasi kesuksesan Anjungan SIAPkerja dalam memfasilitasi warga lokal sehingga mereka dapat bekerja di KITB dan tidak menjadi penonton di tengah industrialisasi.

“Capaian ini adalah hasil dari kerja nyata, bukan hanya kata-kata," katanya dalam siaran pers.

Baca juga: Alasan Kemenaker Pilih Peringatan Bulan K3 di PTFI Gresik

Caswiyono berkomitmen kerja nyata itu akan terus dilakukan. Salah satunya dengan mengadakan beasiswa pelatihan dan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri pada awal 2024.

"Pelatihan dan sertifikasi akan terus kita selenggarakan hingga seluruh kebutuhan tenaga kerja di KITB terpenuhi," ujarnya.

Caswiyono menjelaskan, selain PT Yih Quan Footwear yang akan merekrut 6.900 tenaga kerja pada 2024, beberapa perusahaan lain juga mulai membutuhkan tenaga kerja.

Beberapa perusahaan tersebut, di antaranya PT KCC Glass Indonesia, PT Rumah Keramik Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator), PT Jayamas Medika Industri (Onemed), PT Unipack Plasindo, PT Interskala Medika, dan PT Tawada Healthcare Group Company.

Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan tersebut diproyeksikan akan membutuhkan tenaga kerja kurang lebih sebanyak 7.600 orang pada 2024. 

Caswiyono mengatakan, kebutuhan itu harus dijadikan sebagai peluang untuk menempatkan sebanyak mungkin putra-putri Batang dan sekitarnya. 

Baca juga: Sosialisasikan PP Nomor 41 Tahun 2023, Kemenaker Ingin Layanan K3 Lebih Ditingkatkan

"Kuncinya adalah peningkatan kompetensi warga lokal untuk mengejar standar kompetensi yang dibutuhkan di KITB," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com