Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Bekarier Tanpa Gelar Pendidikan

Kompas.com - 22/02/2024, 17:04 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Para peneliti Burning Glass mengidentifikasi beberapa pola umum sukses berkarier meskipun tidak memiliki gelar pendidikan.

Presiden Burning Glass Institute Matt Sigelman mengatakan, ada cara yang bisa dilakukan untuk sukses berkarier meskipun tak memiliki gelar pendidikan.

Caranya yakni dengan melamar kerja pada perusahaan yang berbasis keterampilan. Hal itu dinilai dapat membantu meningkatkan kesuksesan seseorang walaupun orang tersebut tidak mengecap bangku perguruan tinggi.

Baca juga: Kursus Online Makin Diminati, Bisa Asah Kemampuan Sesuai Kebutuhan Karier

Oleh karena itu, cari tau perusahaan apa saya yang merekrut pekerja tanpa gelar atau berbasis keterampilan. Kamu bisa bergabung dengan organisasi atau lembaga sejenisnya.

“Hal ini menghilangkan sebagian stigma dan mengurangi risiko bagi manajer perekrutan untuk mengambil kesempatan mempekerjakan seseorang tanpa gelar,” kata Sigelman mengutip CNBC.

Perusahaan yang telah sukses dalam perekrutan berbasis keterampilan juga akan mengartikulasikan dengan jelas keterampilan yang mereka perlukan untuk suatu pekerjaan.

Baca juga: 8 Cara Merancang Karier Baru pada 2024

Bahkan sebelum mengumumkannya, perusahaan meminta manajer perekrutan untuk menjelaskan perekrutan secara spesifik tentang keterampilan yang mereka cari.

Perusahaan juga akan meminta bukti dari keterampilan yang kamu punya sebagai bukti bahwa kamu memenuhi persyaratan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan.

Selain itu, para pemimpin dalam perekrutan berbasis keterampilan memiliki proses untuk menilai keterampilan yang dicari perusahaan.

Baca juga: Portofolio Karier

Misalnya, mereka mungkin meminta prospek pekerjaan kamu untuk ditinjau oleh manajer perekrutan. Nantinya pekerjaan kamu akan ditinjau secara ‘blind review’.

“Ini memungkinkan perusahaan menilai siapa yang pada dasarnya melakukan proyek terbaik, tanpa mengetahui siapa yang mengerjakannya,” kata Sigelman

Baca juga: 5 Penyebab Orang Memilih Berganti Karier, Tak Senang hingga Tantangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com