Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja 9 Kapal Baru, HUMI Siapkan 51,5 Juta Dollar AS

Kompas.com - 26/02/2024, 20:41 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (kode saham: HUMI) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar 51,5 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 803,4 miliar (kurs Rp 15.600 per dollar AS) untuk membeli 9 kapal baru di 2024.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat mengatakan, sembilan kapal tersebut terdiri dari 5 kapal tugboat, tiga kapal oil and chemical tanker, dan satu kapal Liquefied Natural Gas (LNG) Vessel.

"Capex-nya adalah tahun ini 51,5 juta dollar AS untuk membeli kapal-kapal tersebut," kata Tirta dalam agenda HUMI Public Expose Insidentil yang digelar secara virtual, Senin (26/2/2024).

Baca juga: Saham HUMI Sempat Disuspensi, Bos Humpuss Maritim: Karena Pemilu...

Tirta mengatakan, saat ini, perusahaan memiliki 34 unit kapal yang terdiri dari 14 kapal offshore, 6 kapal marine support, dan 6 kapal chemical tanker.

"Kemudian 5 kapal oil, 2 kapal LNG, dan satu kapal Floating Storage Regasification Unit (FSRU)," ujarnya.

Lebih lanjut, Tirta menargetkan laba bersih perusahaan dapat tumbuh sebesar 20,60 year on year (yoy) pada 2024.

Ia mengatakan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan melakukan strategi salah satunya meningkatkan pertumbuhan mitra kerja di luar perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Adapun perluasan klien sektor swasta bergantung pada upaya proaktif untuk menjangkau pelanggan internasional, membina kemitraan global, dan mendiversifikasi basis klien untuk pertumbuhan yang berkelanjutan," ucap dia.

Baca juga: Humpuss Maritim Ungkap Prospek Bisnis Kemaritiman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com