Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ELPI Anggarkan Belanja Modal Rp 1 Triliun untuk Beli 7 Kapal Baru

Kompas.com - 15/01/2024, 09:34 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) menganggarkan belanja modal sebesar Rp 1 triliun untuk tahun 2024. Hal ini disampaikan Direktur Utama ELPI Eka Taniputra kepada wartawan di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Belanja modal kamintahun ini adalah sebesar Rp 1 triliun. Belanja modal ini akan kami gunakan untuk eksplorasi dan ekspansi pada entitas anak dan afiliasi," kata Eka.

"Anggaran ini juga termasuk untuk pengadaan kapal-kapal baru guna menunjang bisnis dan pangsa pasar di luar Indonesia," tambah Eka.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Tidak Pernah Mengizinkan Kapal Dagang Israel Berlabuh di Indonesia

Ilustrasi kapal kargo.SHUTTERSTOCK/ZEBRA0209 Ilustrasi kapal kargo.

Eka mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membeli 7 armada kapal baru guna memenuhi permintaan kapal pendukung offshore (domestik dan international).

Adapun detail pengadaan 7 unit offshore vessels terdiri dari 2 unit kapal jenis Anchor Handling Tug and Supply (AHTS), 2 unit kapal Landing Craft Transport (LCT), dan 3 unit kapal jenis Fast Crew.

Eka mengungkapkan, pihaknya juga berencana menambah lima set kapal tug and barge yang ditargetkan bisa melakukan serah terima pada kuartal I 2025.

Corporate Secretary ELPI Wawan Heri Purnomo mengatakan, untuk biaya pengadaan kapal tersebut, ELPI mendapatkan dari kas internal serta pinjaman perbankan yang saat ini telah terdapat beberapa proposal yang masuk.

Baca juga: Batas Area Pembelian Tiket Kapal Ferry di Pelabuhan Merak hingga Gilimanuk

"Perbankan telah memberikan kepercayaan kepada ELPI dan saat ini kami akan mempertimbangkan dan memutuskan kapan proses drawdown dan realisasinya," jelas Wawan.

Eka menambahkan, pihaknya telah memperoleh kontrak dari Malaysia selama dua tahun. Dia bilang, emiten yang listing di BEI pada Agustus 2022 lalu terus melakukan ekspansi dan eksplorasi dari Support Offshore Vessel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com