Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Bantu Penjualan UMKM, Shopee Hadirkan Program Garansi Tepat Waktu Shope

Kompas.com - 08/03/2024, 14:57 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepastian waktu pengiriman produk saat berbelanja online menjadi kunci memenangkan hati pelanggan.

Guna menjamin barang sampai ke konsumen tepat waktu, Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia meluncurkan Program Garansi Tepat Waktu. Program ini memberikan jaminan pesanan pelanggan akan tiba sesuai waktu yang tertera di Aplikasi Shopee.

Jika pesanan melewati batas waktu yang telah ditetapkan, pembeli berhak untuk menerima voucer dari Shopee.

Untuk memaksimalkan program Garansi Tepat Waktu tersebut, Shopee mengimbau penjual untuk mengelola toko dengan efisien. Berikut beberapa tip yang dapat dilakukan penjual untuk mengoptimalkan proses manajemen toko untuk menjaga loyalitas dan kepuasan pembeli.

Baca juga: Kemeriahan Shopee Big Ramadan Sale 2024, Hadirkan Promo Terbesar se-Indonesia

Pertama, perhatikan permintaan pembeli. Pastikan untuk memantau pesanan masuk dan perhatikan detail permintaan pembeli. Tujuannya, supaya penjual dapat mengirim pesanan sesuai permintaan pembeli. Hal ini penting untuk mengurangi kemungkinan pengembalian barang karena pesanan tidak sesuai.

Kedua, lakukan stock opname secara rutin. Penjual harus selalu memantau dan mengelola stok barang dengan rutin. Dengan begitu, penjual dapat memastikan ketersediaan barang cukup untuk memenuhi permintaan pembeli. Selain itu, Hal ini juga dapat mencegah terjadinya kekurangan stok yang dapat mengganggu kelancaran operasional toko penjual.

Ketiga, perhatikan masa pengemasan. Usahakan untuk mengemas setiap pesanan yang masuk sesuai dengan kebijakan masa pengemasan di Shopee. Hal ini membuat pesanan pembeli dapat sampai tepat waktu. Pada akhirnya, hal ini dapat membuat konsumen merasakan pengalaman berbelanja yang baik dan memuaskan.

Melalui Program Garansi Tepat Waktu, Shopee ingin mendorong inovasi untuk membuat konsumen dapat merasakan pengalaman berbelanja yang maksimal di e-commerce.

Seperti diketahui, sektor e-commerce menjadi salah satu sektor ekonomi paling menjanjikan. Bank Indonesia mencatat, nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp 453,75 triliun pada 2023. Jumlah ini diprediksi akan terus tumbuh pada 2024.

Baca juga: Shopee Gelar Big Ramadhan Sale 2024, Ada Mobil Rp 1 hingga Gratis Ongkir

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menyatakan, volume transaksi e-commerce pada 2023 mencapai 3,71 miliar. Kenaikan transaksi ini menunjukkan bahwa tren belanja online terus meningkat di Indonesia karena jumlah basis pengguna terus bertumbuh pesat.

Hal tersebut merupakan peluang yang harus dioptimalkan oleh pemain e-commerce, seperti Shopee. Perusahaan e-commerce berlogo kuning ini akan terus melahirkan program yang mampu menggaet target pasar audiens baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama.

Program Garansi Tepat Waktu merupakan salah satu langkah strategis Shopee untuk mengoptimalkan potensi transaksi dari perdagangan e-commerce di Indonesia.

Melalui program tersebut, Shopee tidak hanya memberikan kenyamanan berbelanja online, tetapi juga membuka peluang baru bagi penjual untuk memperkuat posisi bisnis di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Informasi lebih lanjut mengenai program Garansi Tepat Waktu dapat dilihat di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com