Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Agar Tidak Salah Paham, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui Penjual tentang Garansi Bebas Pengembalian di Shopee

Kompas.com - 06/03/2024, 11:01 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Shopee belum lama ini meluncurkan program baru untuk penggunanya, yakni Garansi Bebas Pengembalian. Melalui program ini, pembeli bisa mengembalikan produk dengan alasan "berubah pikiran". Biaya ongkos kirim (ongkir) pun ditanggung oleh Shopee.

Meski demikian, pengembalian barang tidak bisa dilakukan sesuka pembeli. Shopee telah menerapkan sejumlah syarat dan ketentuan, salah satunya hanya berlaku pada produk yang berlabel “Bebas Pengembalian”.

Lewat syarat dan ketentuan, Garansi Bebas Pengembalian diharapkan tidak hanya meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pembeli, tetapi juga penjual.

Keberadaan Garansi Bebas Pengembalian sempat menuai pro dan kontra dari kalangan penjual di Shopee.

Salah satu penjual dengan akun @j*****n mendukung progam tersebut. Sebab, ia menilai, program Garansi Bebas Pengembalian bisa meningkatkan kepuasan pembeli.

“Saya mendukung kebijakan baru ini karena memang sudah seharusnya diterapkan untuk kepuasan pembeli,” kata dia.

Penjual dengan akun @c******s pun demikian. Ia menilai, fitur baru dari Shopee tersebut bisa menjaga loyalitas user dengan Shopee. Ia juga tidak khawatir karena selama standar operasi prosedur (SOP) diterapkan sesuai dengan ketentuan, program tersebut tidak akan merugikan penjual.

Dukungan serupa juga dituturkan penjual dengan akun @S********p. Ia mengaku mendukung program baru itu karena bisa meningkatkan kenyamanan pembeli. Namun, ia juga tidak memungkiri bahwa program Garansi Bebas Pengembalian memberikan tantangan bagi penjual.

Penjual kini dituntut untuk menampilkan foto produk yang benar-benar sesuai dengan aslinya agar pembeli tidak kecewa dan meminta pengembalian.

Selain dukungan, ada pula penjual merasa cemas dengan program Garansi Bebas Pengembalian. Seller dengan akun @h******o merasa resah karena menduga biaya kirim pengembalian dengan alasan “berubah pikiran” bakal ditanggung penjual.

Baca juga: Garansi Bebas Pengembalian Bikin Penjual Untung atau Rugi? Yuk, Simak Penjelasannya

“Barang sudah sesuai kami kirim, pembeli ajukan pengembalian tapa alasan jelas, di terima begitu saja oleh Shopee, ongkir pengembalian masa di tanggung seller. Buset rugi banget aseli kacauuu!!!” tuturnya.

Keresahan sama diutarakan pula oleh penjual dengan akun @r**********a. Ia juga khawatir biaya ongkir pengembalian program tersebut dibebankan kepada seller.

“Shopee tolong dong kasih penjelasan kenapa barang yang diretur atas alasan "berubah pikiran" ongkir bolak-baliknya dibebankan ke seller?? Kita enggak salah apa-apa, tapi harus bayar ongkos kirim hanya karena kegabutan orang lain,” tuturnya.

Pro dan kontra tersebut merupakan hal wajar. Agar tidak salah paham, berikut adalah empat fakta Garansi Bebas Pengembalian di Shopee.

1. Penjual tidak dibebankan biaya ongkir pengembalian barang dengan alasan khusus “berubah pikiran”

Penjual tak perlu khawatir soal biaya ongkir pada program Garansi Bebas Pengembalian dengan alasan khusus “berubah pikiran” karena ditanggung Shopee. Jika penjual dikenakan biaya itu, Shopee akan mengembalikannya ke saldo penjual dalam 1-3 hari tanpa perlu melakukan permintaan apa pun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com