Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Axiata-OCBC NISP Luncurkan Fasilitas Kredit Modal Usaha hingga Rp 200 Juta untuk Womenpreneur

Kompas.com - 08/03/2024, 14:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerja sama PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata (EXCL) dan PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) bekerja sama merilis fasilitas pinjaman kredit tanpa agunan untuk modal usaha hingga Rp 200 juta untuk womenpreneur Indonesia.

Selain itu, melalui fitur Finansister di aplikasi Sisternet, pelaku usaha perempuan juga bisa mendapatkan edukasi gratis mengenai literasi digital finansial.

Komisaris Independen XL Axiata, Yasmin S. Wirjawan optimistis aplikasi Sisternet mampu mendorong para womenpreneur Indonesia dalam berkarya serta memaksimalkan potensi yang mereka miliki untuk naik kelas. Ia menargetkan, Sisternet mampu mendukung 1 juta perempuan Indonesia.

"Melalui fitur baru Finansister, Sisternet menghadirkan sebuah solusi digital untuk mendukung womenpreneur dalam mengatur keuangan, sekaligus edukasi literasi keuangan yang diperlukan," ujarnya melalui keterangan pers, Jumat (8/3/2024).

Baca juga: Di Pelantikan Womenpreneur Hipmi, Mendag Zulhas: Perempuan Kunci Indonesia Maju

Untuk itulah, XL Axiata menggandeng mitra OCBC NISP. Sebab bank ini memiliki visi yang sama dengan XL Axiata dalam upaya mendukung womenpreneur dengan menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha.

Direktur OCBC Lili S. Budiana menambahkan bahwa untuk menuju Indonesia Emas 2045, OCBC percaya bahwa dukungan terhadap perempuan merupakan suatu langkah yang cerdas dan tepat untuk memajukan ekonomi bangsa.

Menurut dia, kerja sama strategis CSR dengan XL Axiata ini membuat OCBC NISP dapat menjangkau para anggota Sisternet dengan tidak hanya memberikan literasi bisnis melalui kelas bisnis dan modul pembelajaran, namun juga inklusi keuangan melalui akses pembiayaan berupa KTA Nyala Bisnis by OCBC.

"Melalui Finansister, kami berharap OCBC NISP dan XL Axiata dapat terus bersama-sama menciptakan ekosistem yang kondusif untuk UMKM perempuan agar dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga: Sukses Berbisnis, Shandy Purnamasari Sebut Womenpreneur Harus Tangguh dan Lembut

Literasi dan inklusi keuangan

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir menambahkan, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022, terungkap tingkat literasi keuangan perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki dengan selisih 50,33 persen dan 49,05 persen.

Menurutnya, meski inklusi keuangan masih didominasi kelompok laki-laki sebesar 86,28 persen, kenaikan angka literasi keuangan perempuan menjadi sebuah pertanda bahwa pemahaman perempuan Indonesia tentang layanan keuangan semakin baik.

Kemudian, SME Proposition Division Head OCBC NISP Sari Kartika juga menambahkan, berdasarkan hasil dari OCBC Fitness Index 2023, 66 persen UMKM perempuan membutuhkan dukungan dari kolega bisnis mereka agar tumbuh berdaya.

Adapun bantuan yang diperlukan di antaranya edukasi manajemen bisnis, manajemen operasional, dan edukasi leadership bisnis.

Sebagai tambahan informasi, Kerja sama antara OCBC dan XL Axiata dimulai pada tahun 2021 melalui program literasi keuangan dalam bentuk booth camp dan sharing session. Kedua belah pihak bersepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam membawa kalangan womenpreneur semakin siap bersaing dalam menjalankan usahanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com