Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditargetkan Fungsional Juni 2024, Progres Jalan Tol IKN Sudah di Atas 70 Persen

Kompas.com - 15/03/2024, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat progres pembangunan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 telah di atas 70 persen.

Adapun pembangunan Jalan Tol IKN tahap 1 ini terdiri dari 3 seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga menrincikan, untuk progres pembangunan seksi 3A sudah mencapai 72 persen, Seksi 3 B sudah 74 persen, dan Seksi 5A sudah 78 persen.

"Saat ini pembangunan jalan bebas hambatan jalan tol IKN di atas 70 persen semua," ujarnya saat Rakornas IKN di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Jalan Tol IKN Tahap 1 Ditargetkan Rampung dan Fungsional Juli 2024

Oleh karenanya, dia optimistis pembangunan jalan tol IKN tahap 1 ini akan rampung sesuai target dan dapat dioperasikan secara fungsional pada Juni 2024.

"Nanti pada bulan Juni, kita akan mencoba memanfaatkan jalan tol ini secara fungsional di jalan tol Balikpapan-Samarinda exit di GT Karang Joang. Kemudian jalan akses Kariango dan juga sampai ke arah nanti jembatan Pulau Balang, sampai Pulau batang, sampai dengan KIPP. Mungkin pada bagian ujung kita harus melalui jalan nasional karena masalah tol 6A 6B itu," jelasnya.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol IKN Tahap 1 Ditargetkan Rampung Juli 2024
Dia menyebut, konektivitas di IKN saat ini masih belum efektif. Pasalnya untuk menuju IKN, masyarakat harus memutar melalui jalan tol sampai KM 38 yang membutuhkan waktu tempuh lebih dari 2 jam.

Namun dengan beroperasinya jalan tol IKN ini, konektivitas menuju IKN akan lebih efektif karena waktu tempuhnya menjadi hanya sekitar 60 menit.

"Diperkirakan rute (jalan tol IKN) ini paling tidak sekitar 60-70 menit dibanding dengan kita harus berputar 2 jam, bulan Juni," ucapnya.

Baca juga: Menteri PUPR: Jalan Tol IKN Rampung, Waktu Tempuh ke Kawasan Inti Pemerintahan Hanya 30-40 Menit


Sebagai informasi, jalan tol IKN ini akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN yang semulanya apabila melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Selain pembangunan tahap 1 yang terdiri dari 3 seksi itu, pemerintah juga tengah membangun seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI. Per Januari lalu, sudah dimulai pengadaan tanah dan konstruksinya dengan progres 4,8 persen pada Seksi 6A dan 17,5 persen pada Seksi 6B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com