Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 690.822 Formasi CPNS 2024 yang Bisa Didaftari Fresh Graduate

Kompas.com - 23/03/2024, 10:56 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah memprioritaskan fresh graduate yang memiliki kemampuan digital dalam rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024.

Total ada sebanyak 690.822 formasi yang dibuka untuk fresh graduate dalam seleksi CPNS 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, ada beberapa prioritas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan CASN 2024, salah satunya fresh graduate.

“Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fresh graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya. Tentu pemerintah juga tetap berkomitmen menuntaskan penataan teman-teman honorer,” ujar Anas dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Sabtu (23/3/2024).

Baca juga: Pemerintah Prioritaskan Fresh Graduate dalam Rekrutmen CPNS 2024

Formasi CPNS 2024 yang bisa dilamar oleh fresh graduate meliputi posisi dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, talenta digital, dan sektor-sektor penting lainnya.

Dilansir dari informasi resmi KemenpanRB, alokasi formasi CPNS 2024 bagi fresh graduate menjadi komitmen negara dalam memeberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik untuk mendarmabatikan pikiran dan tenaganya kepada bangsa.

Seleksi SDM yang melek digital diharapkan bisa mendorong birokrasi dan pelayanan publik lebih efektif dan efisien.

“Talenta-talenta baru ini selain agar berdampak dan mengakselerasi ekonomi nasional yang  penting adalah agar akuntabilitas birokrasi ini semakin bagus. Talenta digital dan formasi baru kita dorong agar dapat memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerirntah (APIP),” kata Anas pada Januari lalu.

Baca juga: Cara Cek Formasi CPNS 2024 secara Online

 

Selain talenta digital, prioritas pemenuhan SDM juga dilakukan di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan ASN yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sebelumnya, pemerintah secara resmi telah mengumumkan akan membuka sebanyak 207.247 formasi CPNS di instansi pusat dan 483.575 formasi CPNS di instansi daerah.

Pemerintah berkomitmen akan melakukan pemerataan jumlah dan persebaran formasi dosen, guru, dan tenaga kesehatan ke seluruh Indonesia.

 

Rencananya seleksi CPNS tahun ini akan dilakukan sebanyak tiga kali, di mana tahap pertama akan dilaksanakan bersamaan dengan rekrutmen sekolah kedinasan.

Baca juga: Apa Bedanya CPNS dan PPPK? Ini Penjelasannya

Baca juga: Pemerintah Siapkan 690.822 Formasi CPNS 2024 untuk Fresh Graduate

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com