Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Penjualan Eceran Februari 2019 Meningkat

Kompas.com - 09/04/2019, 19:03 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia merilis Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia. Berdasarkan laporan tersebut, Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Februari 2019 tumbuh sebesar 9,1 persen (yoy), meningkat dari 7,2 persen pada Januari 2019.

Peningkatan penjualan eceran tersebut terutama bersumber dari subkelompok sandang dan kelompok barang budaya dan rekreasi.

BI pun optimistis penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh tinggi pada Maret 2019. Hal tersebut diindikasikan oleh IPR Maret 2019 yang tumbuh mencapai 8,0 persen (yoy). Pertumbuhan tersebut antara lain didorong oleh peningkatan penjualan subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori.

"Penjualan sub kelompok sandanh tumbuh sebesar 40,6 persen (yoy) meningkat dari 33,7 persen (yoy) pada bulan sebelumnya. Kelompok suku cadang dan aksesori tumbuh sebesar 18,9 persen meningkaybsari 14 persen pada bulan sebelumnya,"ujar BI dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2019).

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang yakni Mei 2019 tetap terjaga. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 153,9, menurun dari 154,3 pada bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com