Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Buka 25.000 Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019, Berminat?

Kompas.com - 22/04/2019, 13:44 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin meningkatkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi? Bersiaplah.

Sebab, program Digital Talent Scholarship 2019 kembali dibuka.

Bila tahun lalu program beasiswa ini diberikan untuk 1.000 orang, maka tahun ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambah kuota bertambah hingga 25.000 orang.

Para peserta program nantinya akan dilatih secara intensif agar menguasai hardskill dan softskill di bidang teknis Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, hingga Machine Learning.

Baca juga: Era Industri 4.0, Anggaran Beasiswa Capai Rp 50 Triliun?

"Program Digital Talent Scholarship ditujukan untuk menyediakan talenta yang dibutuhkan dalam Revolusi Industri 4.0,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, seperti dikutip dari laman Sekretaris Kabinet (Setkab), Senin (22/4/2019).

Ferdinandus mengatakan, sebanyak 25.000 peserta nantinya akan mengikuti pelatihan yang dikemas dalam empat akademi. Setiap akademi memiliki kriteria tertentu bagi pesertanya.

Keempat akademi tersebut yakni pertama Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait), Program ini terbuka bagi penyandang disabilitas.

Baca juga: Sri Mulyani Kepada Penerima Beasiswa LPDP : Terima Kasih Saja Tidak Cukup

Kedua, Vocational School Graduate Academy (VSGA), program pelatihan intensif bagi lulusan SMK. Ketiga, Coding Teacher Academy (CTA), yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS).

Keempat, Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo akan mengelola beasiswa tersebut. Ada 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang bermitra, 23 Politeknik dan 4 perusahaan teknologi global antara lain AWS, Cisco, Google dan Microsoft.

Baca juga: Ingin Dapatkan Beasiswa LPDP Khusus Santri? Ini Syaratnya

Pendaftran online dan informasi terkait program beasiswa ini bisa dilihat di digitalent.kominfo.go.id. Adapun pendaftaran dibuka sejak 20 April-19 Mei 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com