Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Bill Gates, Miliarder Bitcoin Ini Sumbang Kekayaan untuk Amal

Kompas.com - 30/05/2019, 08:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CCN

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder bitcoin Ben Delo telah berkomitmen menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan amal melalui gerakan Giving Pledge. Gerakan ini diinisiasi oleh Bill Gates, Melinda Gates, dan Warren Buffet.

Delo merupakan pendiri platform perdagangan mata uang kripto BitMEX. Pebisnis kripto berusia 35 tahun ini merupakan miliarder termuda di Inggris yang berusaha sendiri meraup kekayaan. Ia merupakan miliarder teranyar yang bergabung dalam gerakan Giving Pledge.

Dilansir dari CCN, Kamis (30/5/2019), Delo telah berkomitmen menyumbangkan sebagian besar kekayaannya yang mencapai 3,6 miliar dollar AS untuk membantu menangani ancaman bencana dari perang nuklir dan dampak bencana akibat perubahan iklim.

Baca juga: Miliarder Ini Sumbangkan Rp 106,7 Triliun untuk Amal

"Ambisi saya sekarang adalah melakukan hal-hal sebaik mungkin dengan kekayaan saya," jelas Delo dalam dalam pernyataannya yang diunggah di laman Giving Pledge.

Langkah tersebut, kata dia, diwujudkan dengan mendanai upaya-upaya penyelamatan untuk generasi mendatang dan melindungi prospek kemanusiaan jangka panjang. Ini termasuk mitigasi risiko terhadap hal-hal yang bisa mengancam keberlangsungan hidup manusia.

Giving Pledge didirikan pada tahun 2010 oleh keluarga Gates dan Buffet. Gerakan ini mengundang para orang kaya berkomitmen menyumbangkan setidaknya separuh kekayaan mereka untuk hal-hal baik, seperti kegiatan amal.

Baca juga: Pertama Kali, Miliarder Uang Kripto Donasikan Kekayaan untuk Amal

Sudah lebih dari 200 orang kaya menyepakati komitmen bersama Giving Pledge. Beberapa di antaranya adalah Mark Zuckerberg, Elon Musk, dan Michael Bloomberg.

"Ketika masih sekolah di Inggris dan berusia 16 tahun, saya diminta untuk membuat daftar ambisi masa depan saya. Saya menjawab dengan cermat: pemrogram komputer. Wirausahawan internet. Miliarder," ujar Delo.

Menurut dia, dirinya sangat beruntung dapat mencapai beragam ambisi tersebut. Oleh karena itu, ia merasa sangat terhormat berada di posisinya saat ini dan menandatangani komitmen bersama Giving Pledge.

Delo bukan miliarder bitcoin pertama yang bergabung dengan Giving Pledge. Sebelumnya, pendiri Coinbase Brian Armstrong juga telah lebih dahulu bergabung dengan gerakan tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CCN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com