Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2019 Diprediksi 8 dan 9 Juni

Kompas.com - 03/06/2019, 19:00 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus balik kendaraan yang mengarah ke Jakarta diprediksi akan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berbeda dengan rentang arus mudik yang terjadi sejak 30 Mei 2019 lalu, waktu kembali Jakarta lebih sempit, yaitu mulai tanggal 6 Juni hingga 9 Juji 2019.

"Kita tahu arus mudik terjadi pada tanggal 7, 8, dan 9 Juni 2019, puncaknya pasa 8 dan 9 Juni 2019," ujar Budi di Jakarta, Senin (3/6/2019).

Baca juga: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Kereta Api

Untuk mengantisipasi padatnya volume kendaraan selama arus balik, Menhub meminta otoritas terjait seperti Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jasa Marga serta Kakorlantas untuk mengkaji kemungkinan pemberlakuan rekayasa lalu lintas oneway yang rencananya hanya diberlakukan selama dua hari, menjadi tiga hari terhitung per 8 Juni 2019.

"Selain itu kami juga meminta agar memberi ruang untuk bus-bus yang kembali ke Jawa Tengah seperti ke Solo dan Jogja, karena tanggal 7-8 Juni akan banyak bus yang kembali untuk mengangkut penumpang," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com