Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Sudah Intervensi Pasar, Rupiah Tetap Ditutup Melemah

Kompas.com - 25/02/2020, 17:35 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Selasa (25/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.886 per dollar AS atau melemah 15 poin sebesar 0,11 persen dibanding penutupan Senin Rp 13.871 per dollar AS.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, Bank Indonesia melakukan strategi bauran umtuk mengurangi dampak virus corona.

Baca juga: Hingga Sore Ini, PLN Masih Padamkan 1.564 Gardu Listrik Akibat Banjir

Bukan saja menurunkan suku bunga acuan tapi juga menggelontorkan stimulus guna untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, agar sesuai dengan target pertumbuhan ekonomi 5-5,4 persen.

"Intervensi yang dilakukan oleh BI tidak bisa membawa rupiah menguat, namun apa yang di lakukan sudah memberikan upaya maksimal untuk menahan laju pelemahan mata uang rupiah," kata Ibrahim.

Berdasarkan kajian Bank Indonesia (BI), penurunan devisa akibat penyebaran virus corona dari sisi investasi adalah 0,4 miliar dollar AS dan sektor pariwisata mencapai 1,3 miliar dollar AS, sehingga devisa dari ekspor turun.

Baca juga: Hindari Rugi, Lakukan Ini Jika Mau Investasi Reksa Dana

"Permintaan terhadap produk Indonesia bakal berkurang signifikan (kerena virus corona). Sedangkan dari sisi ekspor, serangan virus corona juga akan dirasakan dari investasi dan pariwisata," tambahnya.

Saat ini status peringatan darurat penyebaran virus corona di China masih belum teratasi. Apalagi, WHO sempat memprediksi obat penawar untuk virus corona baru akan ditemukan satu tahun kemudian. Hal ini akan mempengaruhi rencana The Fed menurunkan suku bunganya.

"Hal ini membuat The Fed (bakal) memberikan penurunan suku bunga lebih cepat daripada nanti untuk mengurangi dampak dari wabah virus corona," katanya.

Baca juga: Pemerintah Buka Opsi Beri Suntikan Dana Rp 15 Triliun ke Jiwasraya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com