Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halodoc Minta Apotek Rekanan Jual Masker dengan Harga Wajar

Kompas.com - 04/03/2020, 19:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform kesehatan Halodoc meminta apotek-apotek rekanannya menjaga harga masker, hand sanitizer, dan alat-alat kesehatan lainnya.

Ini menyusul kepanikan beli pasca konfirmasi kasus positif corona pada warga negara Indonesia (WNI). Akibatnya, harga masker dan hand sanitizer melonjak lantaran tingginya permintaan.

Stok produk-produk ini pun menjadi langka di berbagai pusat perbelanjaan ataupun minimarket dan warung.

Baca juga: Ada Virus Corona, Pemerintah Tegaskan Tidak Larang Ekspor Masker

Kondisi ini sayangnya dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk menjual produk-produk tersebut dengan harga tinggi yang tergolong sudah tidak wajar. Terpantau harga masker dan cairan pembersih tangan di berbagai e-commerce telah jauh melampaui harga jual pada kondisi biasa.

CEO Halodoc Jonathan Sudharta mengatakan, apotek rekanan hendaknya menjaga harga jual alat penunjang kesehatan seperti masker, cairan pembersih tangan dan multivitamin di harga yang wajar.

"Beberapa bulan belakangan ini wabah Covid-19 telah melanda global dan telah merenggut banyak jiwa serta menyebabkan kepanikan massa. Di Indonesia sendiri, Presiden Jokowi beserta Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dr Terawan Agus Putranto secara resmi telah mengumumkan adanya 2(dua) kasus Covid-19 di Indonesia," tulis Jonathan dalam keterangannya, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: KPPU: Belum Ada Dugaan Pelanggaran Harga Masker

Pernyataan resmi tersebut dan maraknya pemberitaan di media massa, imbuh Jonathan, menyebabkan kepanikan di masyarakat serta menimbulkan lonjakan kebutuhan alat penunjang kesehatan seperti masker, cairan pembersih tangan serta multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sayangnya banyak pihak yang menyalahgunakan kondisi ini dengan menjual barang-barang tersebut di harga jual yang tidak wajar.

"Saya ingin mengajak seluruh apotek rekanan Halodoc untuk bersama-sama menciptakan suasana kondusif di tengah-tengah kondisi yang kurang baik ini, yaitu dengan menjaga harga jual seluruh alat penunjang kesehatan seperti masker, cairan pembersih tangan dan multivitamin di harga yang wajar," jelas Jonathan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com