Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Mudik Lebaran, Kemenhub Akan Buat Posko Angkutan Laut

Kompas.com - 08/03/2020, 10:02 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan persiapan sarana dan prasarana transportasi laut, termasuk 51 pelabuhan yang diperkirakan mengalami lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2020

Kemenhub telah menerbitkan Surat Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor HK.211/2/4/DJPL/2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020 (1441 Hijriah).

"Salah satu instruksinya adalah persiapan membentuk Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Wisnu Handoko melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Sandiaga: Bukannya Pak Ahok Baru Jadi Komisaris Utama Pertamina?

Kemenhub menyampaikan, Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020 akan dimulai 9 Mei-9 Juni 2020.

Nantinya seluruh kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT), akan melaksanakan pemantauan, pengendalian dan menyampaikan laporan harian realisasi penumpang melalui surat elektronik kepada Posko Terpadu Angkutan Laut.

“Kita juga dapat mengetahui realisasi penumpang setiap harinya secara real time dari 51 (lima puluh satu) Pelabuhan Pantau melalui aplikasi siasati.dephub.go.id/anglebtal,” kata dia.

Baca juga: Ini Contact Center Bandara untuk Cek Layanan Penerbangan Terdampak Corona

Para Kepala UPT Ditjen Perhubungan Laut juga diinstruksikan untuk menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan, mengecek kelaikan armada angkutan kapal penumpang yang singgah di pelabuhan.

Selain itu, seluruh UPT juga diminta mempersiapkan program aksi keselamatan dan keamanan moda angkutan laut yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Dan yang tidak kalah penting, tentunya mereka harus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kesiapan terminal penumpang, keselamatan, keamanan, ketertiban, serta kelancaran debarkasi dan embarkasi penumpang,” ujar Wisnu.

Baca juga: Akhir Pekan, Cek Promo di Superindo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com