Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Perintahkan Bank BUMN Turunkan Suku Bunga Bagi Pelaku UMKM

Kompas.com - 20/03/2020, 14:51 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerintahkan bank plat merah untuk menurunkan suku bunga kredit kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini ditujukan untuk menjaga keberlangsungan usaha pelaku UMKM di tengah kondisi krisis akibat pandemi virus corona.

“Kita ingin memastikan bank-bank BUMN agar segera menurunkan suku bunga bagi UKM. Karena hari ini banyak sekali UKM yang terdampak, jadi kita akan turunkan suku bunga,” ujar Erick dalam video conferencenya kepada wartawan, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: BI Sudah Turunkan Suku Bunga, Saatnya Fokus ke Stimulus Fiskal

Erick mengaku telah mengkonsultasikan hal ini dengan Bank Indonesia dan instansi terkait lainnya. Namun, sejauh ini, kata Erick, Bank Indonesia dan instansi lainnya telah menyetujui langkah yang diambilnya.

“Nanti pasti mekanisme akan dikoordinasikan kementerian dengan gubernur BI dan semuanya, tapi kebijakan itu akan segera diambil. Mekanisme bisa nanti sore pasti ada arahan dari mereka,” kata Erick.

Selain itu, Erick juga tengah mengakukan ke Otoritas Jasa Keuangan terkait relaksasi bagi para industri yang terkena dampak akibat mewabahnya virus corona.

“Istilahnya relaksasi untuk sektor-sektor terdampak, seperti hotel, pariwisata, penerbangan, restoran dan lain-lain yang punya pinjaman kepada (bank) BUMN. Tapi kita tunggu persetujuannya. Karena ini bagian kita pastikan ekonomi tetap berjalan,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com