Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menaker Imbau Perusahaan dan Industri Lakukan Langkah Preventif Penyebaran Covid-19

Kompas.com - 26/03/2020, 18:20 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, mengimbau perusahaan dan industri untuk melakukan langkah preventif penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

“Secara tegas kami minta perusahaan-perusahaan dan industri menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dengan melakukan upaya preventif penyebaran Covid-19,” kata Ida, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Hal tersebut dikatakan Ida, usai melakukan penyemprotan disinfektan secara simbolis, di sebuah perusahaan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Ida melanjutkan, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya pencegahan Covid-19 yang dicontohkan pemerintah.

“Kami ingin memberi contoh dan memotivasi pelaku usaha agar melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi kerja masing-masing,” kata Ida.

Baca juga: Disinfektan: Pengertian dan Tipenya

Menurut Ida, penyemprotan disinfektan mencerminkan pola hidup sehat dan bersih perusahaan. Selain itu, upaya ini juga dapat memberi ketenangan bekerja pada karyawan.

Ida pun mengimbau perusahaan untuk menyediakan tempat cuci tangan beserta air mengalir dan sabun, atau hand sanitizer.

Sementara itu, kepada seluruh karyawan, Ida mengajak untuk rutin mencuci tangan, menggunakan masker, serta mengatur jarak di tempat kerja.

“Kita semua harus patuh dan disiplin. Saya minta perusahaan yang menerapkan K3 dan para pekerja aktif melakukan pencegahan,” kata Ida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com