Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kualitas Beras, Bulog Modernisasi Gudang

Kompas.com - 14/07/2020, 12:46 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya membangun sejumlah gudang di 14 wilayah Indonesia untuk menyimpan serapan gabah. Gudang ini dibangun dengan modernisasi sehingga dapat menjaga kualitas beras dalam jangka waktu lama.

"Jadi (gudang itu) bisa menyimpan gabah dalam waktu yang relatif lama," kata dia dalam acara diskusi virtual Market Review IDX Channel, Selasa (14/7/2020).

Buwas, sapaan akrabnya, menjelaskan gudang yang dibangun berbentuk silo. Kapasitas silo ini bisa menampung 2.000 ton gabah dengan di dalamnya ada pengaturan temperatur sehingga gabah bisa disimpan dalam waktu sekitar 2 tahun.

Baca juga: Perkebunan Nusantara Group Buka Lowongan Kerja, Tertarik?

Ketika dibutuhkan, gabah bisa dikeluarkan dan langsung digiling menjadi beras dengan kualitas yang tetap terjaga.

"Ketika dibutuhkan langsung kami giling, dan kami produksi beras dalam kondisi fresh. Ini kami sudah bangun semuanya," kata Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu.

Pembangunan gudang yang modern juga dilakukan di beberapa wilayah Indonesia untuk jenis komoditas pangan lainnya, menyesuaikan dengan potensi di daerah tersebut. Misalnya gudang untuk kedelai.

Baca juga: Sosok Freddy Widjaya, Anak Pendiri Sinar Mas yang Tuntut Warisan

Adapun Bulog sudah melakukan penyerapan 700.000 ton gabah petani sepanjang semester I-2020. Terdiri dari pengadaan Perum Bulog yang menyerap 365.000 ton setara beras, sedangkan mitra kerja yang terdiri dari koperasi dan non koperasi menyerap 335.000 ton.

Sementara, target pengadaan gabah dalam negeri oleh Perum Bulog pada tahun 2020 sebanyak 1,4 juta ton setara beras.

Ketentuan penyerapan gabah petani ini telah diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Beras dan Penyaluran Beras Oleh Pemerintah.

Baca juga: Freddy Widjaya Gugat Pembagian Warisan, Ini Gurita Bisnis Sinar Mas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com