Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pembangunan Kereta Cepat di Gerbang Tol Cikunir, Jasa Marga Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 25/08/2020, 18:25 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga Metropolitan Toll Road berkoordinasi dengan Kepolisian RI melakukan rekayasa lalu lintas di Ramp Gerbang Tol (GT) Cikunir 2 Ruas JORR, sehubungan dengan adanya pelaksanaan Pekerjaan Pier proyek PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti, mengatakan, selama pekerjaan berlangsung, Jasa Marga membuat rekayasa lalu lintas yang dilakukan di sekitar GT Cikunir 2.

Caranya, membuat detour sebagai pengganti lajur yang digunakan untuk konstruksi pier, khusus untuk kendaraan golongan I yang berasal dari jalur utama Ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Pondok Kelapa, Bintara, Tanjung Priok.

"Selain itu dilakukan penutupan sodetan besar (sodetan eksisting) dari arah jalur utama Ruas Tol Jakarta-Cikampek yang menuju ramp GT Cikunir, guna mengantisipasi terjadinya crossing kendaraan," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (25/8/2020).

Selain itu, guna mengantisipasi kepadatan yang mungkin terjadi pada jam sibuk, seluruh pelaksanaan pekerjaan akan dilakukan pada windows time, yaitu pukul 22.00 - 05.00 WIB.

Sementara untuk mengantisipasi antrean yang mungkin terjadi serta guna mempercepat pelaksanaan transaksi di GT Cikunir 2, selain mengoperasikan semua gardu, Jasa Marga akan memaksimalkan penggunaan mobile reader dan petugas bantu tapping.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut," kata Irra.

"Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, memastikan kecukupan saldo e-toll sebelum perjalanan, serta mengatur waktu perjalanannya," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com