Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek: UMKM yang Bermigrasi ke Online Masih 16 Persen dari Keseluruhan UMKM

Kompas.com - 09/02/2021, 14:15 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek mencatat jumlah pelaku UMKM di Tanah Air yang memanfaatkan platform digital masih sedikit.

"Memang tren penggunaan platform online mengalami peningkatan secara siginifkan. Tapi kami melihat dari total jumlah UMKM yang ada di Indonesia yaitu sebanyak 64,2 juta, hanya 16 persen UMKM kita yang sudah bermigrasi ke online," ujar Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung dalam Konferensi Pers Virtual, Selasa (9/2/2021).

Dia menyebutkan, pada tahun 2025 nanti, diperkirakan konsumsi masyarakat akan mengalami peningkatan. Total peningkatannya akan bertambah sebanyak 3,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun 2018.

Baca juga: Pesan Bos OJK ke BSI: Jangan Lupakan UMKM Mikro di Daerah

Hal ini pun didasari karena cepatnya akselerasi digital di Tanah Air. "Sekarang saja penggunaan platform online sudah terasa. Apalagi di pandemi semua orang bertransaksi secara online," ucapnya.

Dia menyebutkan penyumbang peningkatan ini berasal dari berbagai layanan yang dimiliki oleh perusahaan ride hailing, seperti layanan di bidang pengantaran makanan, jasa transportasi online, dan jasa logistik.

"Untuk layanan pesan antar makanan online kami melihat akan ada 97 persen peningkatannya, jasa pengiriman online sebanyak 76 persen dan jasa transportasi online sebanyak 75 persen. Jadi memang akan banyak PR yang kita harus selesaikan dan oppurtunitynya juga tinggi," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com