Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah Menyambut Libur Panjang

Kompas.com - 11/02/2021, 10:10 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot melemah pada pagi ini, Kamis (11/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.15 WIB berada pada level Rp 13.988 per dollar AS atau menguat 0,04 persen (5 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 13.993 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, sentimen penguatan rupiah hari ini masih berlanjut, meskipun di pagi hari rupiah bergerak melemah. Penguatan rupiah masih dipengaruhi oleh optimisme stimulus AS.

Baca juga: Sandiaga Uno: Yang Kena PHK Jadi Penjual Jamu, Omzet Naik 300 Persen

Rupiah berpotensi melanjutkan penguatannya hari ini. Beberapa sentimen yang bisa menjaga penguatan rupiah hari ini seperti optimisme pasar terhadap stimulus besar AS,” kata Ariston kepada kompas.com.

Di sisi lain, Ariston menyebut, data indeks harga konsumen inti AS bulan Januari yang tidak mengalami pertumbuhan sehingga menekan dollar AS.

“Selain itu potensi penguatan rupiah juga didukung oleh sentimen kasus Covid-19 yang mulai menurun di dunia dan juga di Indonesia,” tambah dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.950 per dollar AS sampai dengan Rp 14.030 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com