Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Ditutup akibat Badai Seroja, Bandara El Tari Kupang Kembali Beroperasi

Kompas.com - 05/04/2021, 13:15 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyatakan bahwa Bandara El Tari Kupang kembali beroperasi pada pukul 10.00 WIT, Senin (5/4/2021), setelah sebelumnya ditutup akibat dampak badai Siklon Tropis Seroja.

Vice President Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan menjelaskan, badai menyebabkan kerusakan beberapa fasilitas Bandara El Tari di sisi darat (landside).

Sedangkan di sisi udara (airside) ada obyek asing seperti ranting, daun, dan sekelompok burung akibat badai yang dapat membahayakan proses penerbangan.

"Badai akibat Siklon Tropis Seroja yang terjadi sejak Jumat lalu mengakibatkan beberapa kerusakan pada fasilitas Bandara El Tari Kupang," ujar Handy dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Harga Emas Antam Terbaru, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Adapun kerusakan fasilitas di sisi darat yaitu kerusakan plafon terminal penumpang di area selasar keberangkatan dan kedatangan domestik, ruang tunggu, dan area kedatangan internasional.

Kemudian, ada kebocoran di terminal penumpang pada area selasar kedatangan dan keberangkatan, area check in, area ruang tunggu, dan area kedatangan internasional. Kebocoran tersebut juga mengenai mesin conveyor belt.

Selain itu, sumber daya listrik Bandara El Tari saat ini menggunakan genset akibat aliran listrik dari PLN yang padam sejak pukul 13.30 Wita pada Minggu (4/4/2021).

"Kami targetkan kerusakan di terminal penumpang dan gangguan di area sisi udara dapat segera ditangani sehingga bandara dapat beroperasi kembali," imbuhnya.

Handy menjelaskan, berbagai upaya dilakukan untuk antisipasi dampak lebih jauh badai terhadap operasional bandara. Hal itu dengan menyiapkan rencana operasi terbatas di terminal dan alur pelayanan penumpang, bagasi, dan kargo, baik keberangkatan maupun kedatangan.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut RI Bisa Didikte Asing jika SDM Tak Siap di Era Digital

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com