Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka hingga 30 April, Ini Tahapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Kompas.com - 16/04/2021, 08:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 telah sepekan dibuka dan akan berakhir pada 30 April 2021.

Terdapat delapan instansi sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran mahasiswa pada 2021. Adapun pendaftarannya memiliki beberapa tahapan.

Tahap pertama, pendaftaran Sekolah Kedinasan dilakukan pada laman dikdin.go.id. Namun sebelum melakukan pendaftaran, para pelamar diminta untuk membuat akun akses portal SSCASN di alamat sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu registrasi.

Tahap kedua, pada menu registrasi, pelamar wajib mengisi data diri mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tanggal lahir, serta kabupaten/kota tempat KTP diterbitkan. Dalam pengisian identitas diri, para pendaftar diminta untuk cermat dan teliti, agar tidak ada kesalahan yang berdampak pada tidak lulusnya seorang pelamar.

Tahap ketiga, pendaftar juga diminta melengkapi data diri ditambah dengan mengatur password akun serta mengunggah pas foto.

Baca juga: Resmikan Kapal VLCC, Erick Thohir Ingin Pertamina Kembali ke Masa Jayanya

Setelah kartu informasi akun SSCASN Dikdin 2021 dicetak, pelamar diminta login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, pelamar diminta untuk melakukan swafoto dengan KTP dan kartu informasi akun yang telah dicetak.

Tahap keempat, pendaftar memilih sekolah kedinasan yang dituju, formasi, dan jurusan sesuai, pendidikan, serta asal sekolah dan provinsi asal sekolah. Kementerian PANRB kembali mengingatkan bahwa pelamar hanya bisa mendaftar pada satu sekolah kedinasan.

Tahap kelima, pendaftar juga wajib mengisi data yang diperlukan lainnya mulai nomor induk siswa nasional (NISN), nomor pokok sekolah dan ijazah serta nomor ijazah. Setelah itu, diminta mengunggah dokumen ijazah, KTP dan lainnya.

Tahap keenam, setelah dinyatakan lulus proses seleksi administrasi, peserta diminta mencetak kartu pendaftar akun Sekolah Kedinasan tahun 2021. Kartu tersebut harus dibawa saat tes berlangsung.

Berikut ini delapan sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran dan seleksi beserta jumlah kuota yang dibutuhkan:

  1. Politeknik Keuangan Negara (STAN) sebanyak 275 formasi
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 1.164 formasi
  3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) sebanyak 250 formasi
  4. Politeknik Siber dan Sandi Negara sebanyak 100 formasi
  5. Politeknik Statistika (STIS) sebanyak 600 formasi
  6. Poltekip dan Poltekim sebanyak 600 formasi
  7. 21 Sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan sebanyak 3.210 formasi
  8. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) sebanyak 265 formasi

Baca juga: Sekolah Kedinasan Mana yang Peluang Masuk ASN Paling Besar?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com