Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Askrindo Jamin Aset Pelindo III Senilai Rp 19 Triliun

Kompas.com - 07/06/2021, 11:33 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo melakukan kerja sama perlindungan aset PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.

Total nilai penjaminan asuransi tangggung gugat dan gangguan usaha oleh Askrindo di lingkungan Pelindo III mencapai Rp 19 triliun.

Anak usaha Indonesia Financial Group (IFG) ini, memberikan penjaminan aset atas 8 perusahaan yang ada dalam grup Pelindo III.

Terdiri dari PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, PT Pelindo Marine Services, PT Pelindo Energi Logistik, PT Terminal Petikemas Surabaya, PT Terminal Teluk Lamong, PT Berlian Manyar Sejahtera, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Lamong Energi Indonesia

"Untuk kerja sama yang cukup besar ini, kami melakukan sinergi dengan asuransi lainnya yang masih dalam grup IFG, juga sinergi asuransi swasta dengan Askrindo sebagai leader koasuransi," ujar Plt Direktrur Utama Askrindo Liston Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Cuci Gudang, Bea Cukai Lelang 75 Mobil secara Online

Ia menjelaskan, kerja sama antar kedua BUMN ini melalui asuransi umum, sudah terjalin sejak 2017, yang setiap tahunnya sinergi ini terus diperkuat dan dikembangkan.

Asuransi kerugian akan melindungi seluruh aset yang ada, diantaranya berupa kapal, alat berat kendaraan, hingga proses bisnis yang berkaitan dengan bongkar muat serta pelayanan lainnya yang dijalankan oleh grup Pelindo III.

Kedepannya, lanjut dia, Askrindo akan mengembangkan kerja sama selain asuransi umum, seperti Kontra Bank Garansi, Letter of Credit (LC), serta Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), sehingga keseluruhan bisnis dan aset Pelindo III semakin aman.

"Serta diharapkan dapat meningkatkan kinerja Pelindo III kedepannya," punkas Liston.

Baca juga: Marak, Ayam Kampung Tidak Asli Beredar di Pasaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com