Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juda Agung dan Aida S. Budiman Resmi Jadi Calon Deputi Gubernur BI

Kompas.com - 07/12/2021, 20:11 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi menyetujui Juda Agung dan Aida S. Budiman untuk menjadi calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2022 - 2027.

Keputusan ini diambil dalam rapat paripurna DPR Ri ke-10 masa sidang II tahun sidang 2021 - 2022 pada hari ini, Selasa (7/12/2021).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad sebagai pimpinan rapat paripurna meminta persetujuan para fraksi, dan disambut dengan persetujuan fraksi-fraksi yang hadir. Ia pun mengetok palu tanda persetujuan ini sah.

Jika menilik ke belakang, Komisi XI DPR RI telah menyepakati Juda Agung dan Aida S. Budiman sebagai calon Deputi Gubernur BI, setelah keduanya menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada Selasa (30/11/2021) di komplek parlemen, Senayan.

Baca juga: Soal Penempatan PMI, Menaker Nilai MoU dengan Malaysia Harus Segera Rampung

Pada saat itu, Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto mengatakan, seluruh fraksi komisi XI DPR RI menyetujui kedua kandidat tersebut sebagai calon deputi gubernur BI.

“Dari 9 fraksi sudah setuju bahwa Juda Agung dan Aida S. Budiman sebagai calon deputi gubernur BI karena dianggap mempunyai kapasitas yang mumpuni,” ujar Dito, Selasa (30/11).

Dito mengatakan, dari sisi pengalaman maupun sepak terjang dalam Curriculum Vitae (CV) mereka berdua sudah sejalan dengan yang dibutuhkan oleh bank sentral.

Baca juga: Ramai Seruan Boikot JNE, Ini Respons Manajemen

Dengan kesepakatan tersebut, berarti Juda yang sekarang menjabat sebagai Asisten Gubernur/Kepala Departemen Makroprudensial BI akan menggantikan Deputi Gubernur BI Sugeng.

Sedangkan Aida yang saat ini menjabat sebagai Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI akan menggantikan Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi.

Masa jabatan Sugeng dan Rosmaya Hadi akan berakhir pada 6 Januari 2021 mendatang. (Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: Dibayangi Ketidakpastian, Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Tembus 5 Persen di 2022

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Juda Agung dan Aida S. Budiman sah menjadi calon deputi gubernur BI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com