Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Bandara Hang Nadim Batam Dipercepat

Kompas.com - 21/12/2021, 20:02 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam bakal dipercepat.

Hal itu menyusul penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) dengan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

“Penandatanganan PKS ini menandai era baru dari proses panjang dalam upaya percepatan pengembangan Bandara Hang Nadim Batam dalam menunjang pengembangan Kawasan BBK" ujar Airlangga dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

"Serta menunjang kawasan regional Indonesia bagian barat, maupun menghubungkan dengan pasar global seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok, bahkan bisa menjangkau Amerika Serikat,” sambungnya.

Baca juga: Karyawan Ancam Mogok Kerja, Pertamina: Kedepankan Kepentingan Umum

Airlangga mengungkapkan, terdapat beberapa peluang yang dapat ditangkap oleh Batam. Mulai dari terbukanya lalu lintas penerbangan, baik domestik maupun internasional, mendukung penerbangan haji dan umroh, hingga pengembangan Batam sebagai Logistic Aerocity.

Pemerintah yakin hal itu terealisasi karena kapasitas dan kapabilitas anggota konsorsium. Adapun konsorsium terdiri dari PT Angkasa Pura I yang telah mengelola 15 bandara di Indonesia, Incheon International Airport Corporation yang telah mengelola Bandara Internasional Incheon, dan PT Wijaya Karya.

“KPBU Hang Nadim Batam merupakan proyek brownfield dengan nilai investasi sebesar Rp 6,9 triliun dengan masa kerja sama selama 25 tahun," kata Airlangga.

Ia berharap KPBU ini dapat memberikan manfaat langsung kepada BP Batam senilai Rp 34,58 triliun, peningkatan pelayanan kebandarudaraan dengan target awal peningkatan jumlah penumpang sebesar 2 kali lipat dan pelayanan kargo sebesar 1,5 kali lipat dalam 5 tahun.

Baca juga: Daftar Lelang Rumah Murah di Jakarta Jelang Akhir Tahun, Harga Mulai Rp 134 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com