Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Aluminium Inalum Operating Capai 243.000 Ton di 2021

Kompas.com - 20/01/2022, 18:24 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum Operating mencatatkan kinerja produksi aluminium mencapai 243.000 ton di sepanjang 2021, lebih rendah dibandingkan 2020 yang sebanyak 245.000 ton.

Adapun pada tahun lalu tingkat penjualan aluminium Inalum Operating tercatat sebesar 218.000 ton.

Komoditas aluminium dengan diversifikasi produk ingot, alloy, dan billet menjadi inventori strategis anak usaha dari Mining Industry Indonesia (Mind ID), BUMN Holding Industri Pertambangan itu.

Baca juga: Inalum Ditargetkan IPO Akhir 2022

Direktur Operasi dan Portofolio Mind ID, Danny Praditya mengatakan, disepanjang 2021 yang menjadi tahun kedua pandemi Covid-19, perusahaan tetap mengoptimalkan efektivitas operasional pabrik peleburan aluminium.

Hal itu dilakukan dengan menjaga seluruh rantai bisnis tetap berjalan, mulai dari menjaga rantai pasok bahan baku hingga kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai sumber energi utama.

"Hasil kinerja tahun 2021 berhasil membuktikan bahwa Inalum Operating mampu melewati 2 tahun pandemi dan tetap berkontribusi bagi semua pemangku kepentingan dan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Sensasi Masuk Tambang Emas Bawah Tanah Antam di Dalam Gunung Halimun-Salak

Menurutnya, pencapaian Inalum Operating didukung oleh optimalnya kinerja tiga fasilitas utama pabrik peleburan aluminium yakni pabrik karbon, reduksi, dan pencetakan. Pada tahun 2021, rata-rata operasional tungku tercatat sebanyak 458 unit dari total 510 unit atau 90 persen dari kapasitas terpasang di pabrik reduksi.

Selain pabrik peleburan, PLTA juga merupakan indikator utama pendukung kinerja operasional. Pada 2020, PLTA Inalum Operating menghasilkan total energi listrik sebesar 4,04 juta megawatt hour (MWh) dengan tingkat pemakaian sebesar 4,02 juta MWh.

Baca juga: Tanggapan Mind ID Soal Buka-Tutup Ekspor Batu Bara

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com