Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Investasi Obligasi dan Hal yang Harus Dipahami Seputarnya

Kompas.com - 22/01/2022, 07:35 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comObligasi disebut-sebut sebagai investasi menarik di Tahun Macan Air. Kupon atau yield obligasi berpotensi naik seiring rencana penyesuaian suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).

Tantangan ekonomi global tahun ini adalah tapering off atau pengurangan stimulus oleh Bank Sentral AS, The Federal Reserve.

The Fed rencananya akan mengerek suku bunga acuan sebanyak tiga kali sepanjang 2022. Itu artinya, yield obligasi atau surat utang bakal melambung.

Pun dengan obligasi Indonesia karena Bank Indonesia (BI) pasti akan ikut menaikkan BI-7 Day (Reverse) Repo Rate. Investasi obligasi akan terlihat lebih seksi, baik itu obligasi swasta maupun obligasi pemerintah.

Baca juga: Apa Itu Akuisisi, Hal Lumrah dalam Dunia Bisnis?

 

Jika kamu tertarik investasi obligasi, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pembayaran bunga dalam bentuk kupon

Salah satu kelebihan investasi obligasi adalah mendapat keuntungan dari pembayaran kupon. Kupon ini seperti bunga yang akan diterima pemegang obligasi secara periodik, yakni setiap bulan, per tiga bulan, per enam bulan, bahkan dibayar sekaligus.

Jika pembayaran kupon secara berkala, berarti akan terus mengalir ke rekening pemegang obligasi sampai tanggal jatuh tempo. Jadi, sangat cocok untuk passive income.

Biasanya tingkat bunga atau kupon obligasi, baik obligasi korporasi maupun obligasi pemerintah lebih tinggi dibanding tingkat bunga deposito perbankan. Besaran kupon sudah ditetapkan di awal, sebelum masa penawaran.

Baca juga: Cara Membuat Wallet, NFT, dan Menjualnya di OpenSea

Berdasarkan sistem pembayaran kupon, ada tiga macam obligasi:
?Obligasi Tanpa Kupon (Zero Coupon Bonds)
Obligasi yang tidak melakukan pembayaran bunga secara periodik. Namun, bunga dan pokok dibayarkan sekaligus pada saat jatuh tempo
?Obligasi Kupon Tetap (Fixed Coupon Bonds)
Obligasi dengan tingkat kupon bunga yang telah ditetapkan sebelum masa penawaran di pasar perdana dan akan dibayarkan secara periodik
?Obligasi Kupon Variabel (Variable Coupon Bonds)
Oligasi dengan tingkat kupon bunga yang ditentukan sebelum jangka waktu tertentu, berdasarkan suatu acuan (benchmark) tertentu seperti tingkat suku bunga perbankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com