Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Merah, Saham Tesla, Moderna dan Amazon Ambles

Kompas.com - 24/02/2022, 06:47 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comWall Street kembali merah pada penutupan perdagangan Rabu (23/2/2022) waktu setempat. Pelemahan indeks Wall Street masih disebabkan oleh meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

S&P 500 turun 1,8 persen atau 79,12 poin menjadi 4.225,50, atau turun hampir 12 persen secara year to date. Pelemahan indeks juga terjadi pada Dow Jones Industrial Average (DJIA) yang turun 1,38 persen di posisi 33.131,76 atau melemah 464,84 poin.

Baca juga: Kelebihan Pasokan Listrik, PLN Akan Bangun Energy Storage System

Pelemahan terdalam terjadi pada indeks acuan saham – saham teknologi AS, Nasdaq Composite sebesar 2,5 persen atau 344,02 poin menjadi 13.037,49. Secara year to date Nasdaq telah turun 17,6 persen, sementara DJIA melemah 9,4 persen.

"Saham akan berjuang untuk menemukan arah sampai pasar keuangan dapat menjawab, apakah ada solusi diplomatik atas krisis Rusia-Ukraina atau akan berakhir dengan perang regional," kata Analis pasar senior dari Oanda, Edward Moya seperti dilansir dari CNBC.

Beberapa saham di Bursa AS yang ajlok mayoritas dari saham teknologi, seperti tesla yang ambles 7 persen, Moderna terjun 6,3 persen, Amazon turun 3,6 persen, dan Apple melemah 2,6 persen.

Baca juga: Bank Mandiri Masih Kaji Kemungkinan Terjun ke Metaverse

Senior global macro strategist dari Truist, Eylem Senyuz mengatakan, saat ini ketidakpastian tetap ada. Namun, secara historis peristiwa militer/krisis cenderung menyebabkan volatilitas di pasar dan sering menyebabkan penurunan jangka pendek.

“Sementara ketidakpastian tetap ada, tetapi saham cenderung pada akhirnya rebound kecuali peristiwa tersebut mendorong ekonomi ke dalam jurang resesi,” ujar Eylem Senyuz.

Baca juga: [POPULER MONEY] Gurita Bisnis Salim Grup | Janji Jokowi Stop Impor Kedelai | Tarif Tol Dalam Kota Terbaru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com