Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: BUMN Akan Buka 2.300 Lowongan Magang

Kompas.com - 19/05/2022, 06:06 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, akan membuka sebanyak 2.300 lowongan magang di berbagai perusahaan pelat merah.  Hal ini tindak lanjut dari tingginya minat masyarakat dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Ia menjelaskan, pada program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka 2.700 lowongan kerja yang tersedia di berbagai BUMN. Maka setelah program rekrutmen ini akan dibuka program magang.

"Animonya dan yang daftar juga sepertinya bagus-bagus, makanya kami tidak mau kehilangan momen, selain 2.700 yang akan masuk dan bekerja, yang 2.300 akan kami masukkan program magang," kata Erick dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Erick Thohir: Tak Ada Titipan Anak Sultan

Menurut dia, rencana pembukaan kesempatan magang ini sudah dikomunikasikan dengan direksi-direksi perusahaan BUMN.

Erick pun menambahkan, pada akhir tahun ada kemungkinan kembali dibuka rekrutmen BUMN. Erick bilang, pada pembukaan rekrutmen itu akan diprioritaskan bagi peserta yang belum lolos pada program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang sedang berlangsung.

"Di akhir tahun ini kalau ada rekrutmen bersama lagi, kami prioritaskan yang sudah terdaftar, pake data base ini. Jadi kami mencoba memberikan kesempatan kepada yang bagus-bagus ini," papar dia.

Adapun untuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang sedang berlangsung, sudah memasuki tahap kedua yaitu tes kemampuan dasar (TKD) dan core values BUMN, setelah sebelumnya melalui tahap seleksi administrasi.

Tahap ujian TKD dan core values BUMN berlangsung sepanjang 17-27 Mei 2022, dan pengumuman tahap ini akan berlangsung pada 8-10 Juni 2022.

Selanjutnya peserta yang kembali lolos akan masuk ke tahap tes kemampuan bidang (TKB), wawancara, dan medical check up (MCU) yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Hal itu menjadi tahap final yang berlangsung selama 12-25 Juni 2022 dan pengumuman calon pegawai BUMN dilakukan pada 4 Juli 2022 mendatang.

Baca juga: 5 Tips Lolos TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com