Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru KRL: Penumpang dari Bekasi dan Cikarang Paling Diuntungkan

Kompas.com - 02/06/2022, 10:02 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), melakukan perubahan pola operasi perjalanan KRL yang dimulai sejak Sabtu, 28 Mei 2022.

Perubahan perjalanan alias Switch Over (SO) terjadi pada lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo, serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

SO ke-5 di Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KAI Group di Stasiun Manggarai yaitu perjalanan KA Jarak Jauh, KRL Jabodetabek, maupun KA Bandara, sekaligus sebagai bagian dari pengembangan Double-Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang.

Penumpang Bekasi-Cikarang paling diuntungkan

Pelaksanaan SO KRL ini berdampak pada semua penumpang KRL, ada yang diuntungkan, sebaliknya ada pula penumpang yang dirugikan karena persoalan stasiun transit.

Baca juga: 31 Perusahaan Resmi Jadi Sponsor Formula E, Apa Saja Bidang Usahanya?

Rute baru KRL ini bisa dibilang sangat menguntungkan pengguna KRL asal Bekasi dan Cikarang. Di rute KRL baru, penumpang dari Bekasi dan Cikarang bisa langsung menuju Stasiun Sudirman, salah satu stasiun KRL tersibuk di Indonesia.

Stasiun Sudirman sendiri cukup vital bagi warga Bekasi dan sekitarnya, mengingat stasiun tersebut adalah lokasi terdekat untuk mereka yang bekerja di kawasan perkantoran Jalan Sudhirman-Thamrin.

Tak hanya itu, penumpang dari Bekasi dan Cikarang yang ingin menuju Stasiun Tanah Abang juga tak perlu melakukan transit. Dari Tanah Abang, mereka bisa melanjutkan perjalan ke Duri maupun KRL ke arah Serpong dan Rangkasbitung.

Sebagai perbandingan, jika mengacu pada rute lama, mereka yang bekerja di kawasan Sudhirman Thamrin maupun yang ingin menuju ke Stasiun Tanah Abang, harus transit di Manggarai dan beralih ke KRL yang melaju dari arah Depok dan Bogor.

Baca juga: Setiap Berapa Tahun Prajurit TNI Naik Pangkat serta Kenaikan Gajinya?

Namun dengan rute KRL baru ini, bukan berarti semua penumpang KRL dari Bekasi dan Cikarang diuntungkan. Mereka yang dirugikan adalah penumpang yang mengarah ke Stasiun Jakarta Kota yang beberapa di antaranya melintasi Stasiun Cikini, Juanda, dan Gondangdia.

Dilema penumpang dari Bogor

Jika rute baru KRL ini menguntungkan bagi penumpang asal Bekasi dan Cikarang tujuan Tanah Abang, lain halnya dengan penumpang dari Depok dan Bogor dengan tujuan Stasiun Tanah Abang dan Duri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com