Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Penumpang KRL Bisa Menjajal Stasiun Matraman

Kompas.com - 16/06/2022, 10:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Stasiun Matraman diujicobakan untuk naik-turun penumpang KRL Commuter hingga satu pekan ke depan.

Stasiun yang terletak di Matraman, Jakarta Timur ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di antara Stasiun Transit Manggarai dan Jatinegara.

Tentunya ini akan memudahkan bagi pengguna KRL Commuter yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai karena Stasiun Matraman lokasinya lebih dekat.

Baca juga: KAI Segera Operasikan Stasiun Matraman untuk Kurangi Penumpukan Penumpang di Manggarai

Penumpang KRL Commuter dapat menuju ke Stasiun Matraman yang berada di jalan Raya Matraman menggunakan halte bus Transjakarta koridor 5.

Adapun Stasiun Matraman melayani perjalanan KRL Commuter lintas Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang. 

Pada 2016 Stasiun Matraman mulai dibangun oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA)  Kementerian Perhubungan sebagai bagian dari Mega Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta-Banten, Rode Paulus mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan berbagai persiapan teknis dan membangun fasilitas pelayanan serta keamanan agar siap dipergunakan untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan pengguna KRL di dalam Stasiun Matraman.

Baca juga: Ada Pola Operasi Baru, Pengguna KRL Jabodetabek Alami Kenaikan

“Mulai Kamis ini, kami akan mengoperasikan Stasiun Matraman, selama satu minggu ke depan kami lakukan uji coba operasional naik-turun penumpang dari dan ke Stasiun Matraman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/6/2022).

Rangkaian kegiatan persiapan pengoperasian Stasiun Matraman sudah dilakukan dan pada Kamis ini Stasiun Matraman sudah siap untuk uji coba operasional.

Dia menjelaskan, sejak awal Juni secara kolaboratif Kemenhub bersama sejumlah stakeholder terkait seperti PT KAI Commuter, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hingga PT Transjakarta telah melakukan kegiatan inspeksi bersama (joint inspection) untuk memastikan semua  fasilitas di dalam Stasiun Matraman dapat dipergunakan dan berfungsi dengan baik.

Adapun stasiun ini dilengkapi fasilitas mulai dari mulai escalator, lift, toilet. Bahkan stasiun ini juga dilengkapi Alat Pemadam Kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran, dan CCTV untuk memastikan keamanan di dalam stasiun.

"Beberapa hari setelahnya, kami lanjutkan dengan pemeriksaan Standar Pelayanan Minimum (SPM) oleh Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api sesuai amanah dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 68 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum dengan hasil pemeriksaan yang baik,” jelasnya.

Rode juga menyampaikan Stasiun Matraman dilengkapi fasilitas lainnya seperti ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, mushola, fasilitas untuk pengguna disabilitas serta area parkir yang memadai.

Dia berharap dengan kehadiran Stasiun Matraman dapat mempermudah aksesibilitas masyarakat kawasan sekitar yang sebelumnya harus menuju Stasiun Manggarai atau Jatinegara untuk dapat menggunakan KRL Commuter, saat ini masyarakat dapat langsung menuju Stasiun Matraman untuk melakukan perjalanan dengan KRL.

“Sebagai Stasiun yang baru, tentu saja kami akan lakukan monitoring secara intensif untuk meminimalisir permasalahan yang timbul, akses perpindahan penumpang di dalam Stasiun yang kami sediakan dari mulai tangga, lift dan eskalator akan selalu menjadi concern kami, untuk itu kami upayakan semua fasilitas dalam Stasiun dapat berfungsi dengan baik dan dapat dipergunakan secara optimal,” pungkas Rode.

Baca juga: Kerap Dikeluhkan Penumpang KRL, Eskalator dan Lift Stasiun Akhirnya Diperbaiki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com