Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Isu Ketenagakerjaan, Wapres: Dunia Kerja Harus Punya Resiliensi

Kompas.com - 14/09/2022, 11:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

BADUNG, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengatakan, isu ketenagakerjaan telah menjadi isu sentral terlebih di tengah perlambatan ekonomi yang sedang terjadi.

Hal tersebut dikatakan dalam pertemuan G20 Labour and Employment Ministers’ Meeting (G20-LEMM) di Bali, Rabu (14/9/2022).

"Berbagai disrupsi yang terjadi juga turut menjadi tantangan tersendiri pada dunia kerja yang mengalami transformasi mendasar, akibat semakin berkembangnya digitalisasi dan otomatisasi," kata dia.

Baca juga: Menteri Ketenagakerjaan Negara G20 Kumpul di Bali, Bahas Isu Pasar Tenaga Kerja

Ia menambahkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada Februari 2022 mencatat, sebanyak 19,1 juta tenaga kerja terdampak pandemi.

Selain itu angka pengangguran di Indonesia pada bulan Agustus 2020 hingga Maret 2021 meningkat dari 5,23 persen menjadi 7,07 persen.

Sementara, Ma'ruf Amin mengatakan, di level global pada tahun 2020 pandemi Covid-19 telah menyebabkan sekitar 1,6 miliar pekerja informal kehilangan pendapatan hingga 60 persen akibat kebijakan lockdown.

Tak sampai di sana, organisasi perburuhan internasional memproyeksikan tingkat pengangguran global mencapai 207 juta orang pada tahun 2020, atau bertambah 21 juta orang dibandingkan tahun 2019.

Baca juga: Pertemuan Pokja Ketenagakerjaan G20 Bahas Inklusi Tenaga Kerja Disabilitas, Pastikan dapat Akses Pasar Kerja

Ma'ruf menjelaskan, hal tersebut adalah tantangan bersama. Oleh karena itu, perlu didorong kerja sama untuk wujudkan dunia kerja baru yang berkelanjutan.

"Dunia kerja harus memiliki resiliensi, tujuan tersebut dapat tercapai bila pemulihan dunia kerja berorientasi pada manusia atau pekerja," ucap dia.

"Indonesia memangku Presidensi G20 dengan komitmen untuk bersama-sama memulihkan kondisi perekonomian dunia melalui penguatan kerjas ama semua pihak termasuk di bidang ketenagakerjaan," tandas Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Ini 5 Poin yang Dibahas dalam Pertemuan Pokja Ketenagakerjaan G20

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com