Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura I Target Kelola 18 Bandara Tahun Depan

Kompas.com - 07/11/2022, 20:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengelola bandara BUMN, PT Angkasa Pura I atau AP I menargetkan untuk mengelola 18 bandara pada tahun 2023. Ini seiring dengan potensi penambahan 3 bandara kelolaan.

Adapun ketiga bandara tersebut ialah, Bandara Hang Nadim (Batam), Bandara Dhoho (Kediri), dan Bandara Komodo (Labuan Bajo). Ketiga bandara tersebut akan dikelola AP I melalui kerja sama dengan badan usaha lain.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, untuk pengambilalihan Bandara Hang Nadim Batim sebenarnya sudah rampung. Perusahaan mengoperasikan bandara tersebut melalui konsorsium dengan Incheon International Airport Corporation dan PT Wijaya karya (Persero) Tbk.

"Kita (AP I) punya 51 persen," kata dia, di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Airport Tax Naik, Ini Kata Angkasa Pura I

Kemudian untuk pengoperasian Bandara Dhoho, saat ini AP I tengah dalam tahap finalisasi kerja sama dengan partner strategis, PT Gudang Garam Tbk.

Faik menjelaskan, untuk kerja sama ini, perusahaan nantinya akan bertindak sebagai operator, di mana dana pembangunan bandara berasal dari Gudang Garam.

"Bandara ini akan dioperasikan di akhir 2023," ujar Faik.

Baca juga: Tim Pendahulu Kepresidenan Rusia Sudah Datang ke Indonesia, Putin Jadi Hadiri KTT G20?


Adapun untuk pengoperasian Bandara Komodo, Faik bilang, pihaknya masih dalam tahap penjajakan peminatan. Perusahaan pun tengah mencari mitra strategis untuk mengelola bandara tersebut.

Menurutnya, pengoperasian Bandara Komodo menjadi penting, mengingat Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi super prioritas. Ini berpotensi mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan melalui penambahan jumlah pergerakan penerbangan.

"Memang kita akan menggandeng strategic partner. Strategic partnernya siapa, belum final, kita masih penjajakan," ucap Faik.

Asal tahu saja, sampai dengan saat ini AP I telah mengoperasikan 15 bandara. Dengan adanya penambahan 3 bandara tersebut, maka pada 2023 AP I ditarget dapat mengelola 18 bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com