Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Kuasai 65 Persen Saham Danareksa Investment Management

Kompas.com - 05/12/2022, 11:46 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan pembelian saham milik PT Danareksa Investment Management (DIM) sebanyak 9 juta lembar atau setara 30 persen total sama DIM.

Pembelian saham tersebut ditandai dengan penandatanganan Akta Jual Beli Saham. Dengan itu, BRI menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 65 persen.

Direktur Utama DIM Marsangap P. Tamba menyambut baik arahan dari BRI, yang menyatakan DIM siap untuk mendukung visi BRI dengan fokus ke segmen ritel melalui sinergi.

"DIM senantiasa akan mendukung visi dari Bank BRI untuk menjadi The Most Valuable Bank di Asia Tenggara dan menjadi Champion of Financial Inclusion sehingga BRI dapat menjadi perusahaan jasa keuangan yang terintegrasi dan menjadi one stop financial solution provider dalam melayani kebutuhan finansial seluruh rakyat Indonesia," ujarnya dikutip melalui pernyataan tertulis, Senin (5/12/2022).

Baca juga: 5 Cara Cek Mutasi BRI, Mulai dari ATM Hingga Aplikasi BRImo

Marsangap menambahkan bahwa sinergi dengan BRI dengan Danareksa Group akan menjadi kunci penting bagi DIM, khususnya di saat persaingan yang semakin ketat dalam industri manajer investasi.

Untuk terus bertumbuh menjadi manajer investasi bertaraf global dengan fokus pengembangan utama di segmen ritel, melalui upaya sinergi dan peningkatan kinerja baik di area bisnis maupun operasional.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama BRI Sunarso menuturkan, BRI berencana menjadi perusahaan jasa keuangan terintegrasi dengan salah satu upayanya adalah optimalisasi jasa manajemen investasi pada ekosistem BRI melalui DIM.

Baca juga: 8 Cara Cek Nomor Rekening BRI dengan Mudah


Dalam periode 2016-2021, CAGR Reksa Dana Indeks tumbuh di atas 60 persen. Sedangkan untuk tahun 2022, PT DMI mampu membukukan pertumbuhan dana kelolaan sebesar 18.2 persen sampai dengan Juni 2022.

Hingga Juli 2022, pada saat peluncuran produk Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened Kelas B, DIM telah menghimpun dana kelolaan sebesar Rp 150 miliar.

Baca juga: Bank Raya Right Issue Rp 1,16 Triliun, BRI Siap Serap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com