Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguat, Rupiah Pagi Tembus Level Rp 15.300 Per Dollar AS

Kompas.com - 05/12/2022, 10:34 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi Senin (5/12/2022) pagi hari kembali menguat signifikan. Bahkan, mata uang Garuda terapresiasi menembus level Rp 15.300 per dollar AS.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 15.369 per dollar AS, menguat signifikan dibanding posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.426 per dollar AS.

Adapun hingga pukul 10.00 WIB nilai tukar rupiah menguat 51 poin atau 0,33 persen ke Rp 15.375 per dollar AS.

Apresiasi mata uang Garuda selaras dengan terus tergerusnya indeks dollar AS. Mengacu data Investing, greenback kian menyusut, di kisaran 104,13.

Baca juga: Bakal Ada Rupiah Digital, Perbanas: Bank Akan Jadi Distributor

Sentimen arah kebijakan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), yang lebih bearish ke depannya masih menopang penguatan rupiah. Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, pasar masih mempercayai The Fed akan mengendurkan kenaikan suku bunga acuannya ke depan.

"Apalagi banyak analis memperkirakan resesi akan melanda perekonomian AS dimana situasi ini akan mendorong the Fed untuk tidak memberlakukan kebijakan moneter yang sangat ketat," ujar dia, kepada Kompas.com, Senin.

Selain itu Ariston bilang, sikap pemerintah China yang melonggarkan pembatasan aktivitas karena Covid membantu memberikan sentimen positif ke aset berisiko. Pasalnya, kebijakan tersebut diproyeksi berdampak positif terhadap perekonomian Negeri Tirai Bambu.

"Ini bisa mendukung penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini. Potensi penguatan ke arah Rp 15.380, dengan potensi resisten di kisaran Rp 15.450," ucap Ariston.

Baca juga: Pelemahan Rupiah Pengaruhi Kenaikan Harga Tahu dan Tempe

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com