Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Perguruan Tinggi, IDSurvey Dorong Pengembangan Industri Migas

Kompas.com - 05/12/2022, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey, terus menggandeng perguruan tinggi untuk dorong pengembangan industri minyak dan gas (migas).

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Haris Witjaksono mengatakan di sektor migas, ID Survey berperan dalam perkembangan industri nasional melalui kegiatan-kegiatan TIC (Testing, Inspection, and Certification).

“Kita hadir di sektor-sektor migas dan pertambangan, komoditas, serta industri dan melakukan kegiatan pengujian di laboratorium, atau di site melakukan pemastian independen pada komoditas-komoditas, baik secara kualitas maupun kuantitas,” kata Haris dalam siaran pers, Senin (5/12/2022).

Baca juga: ID Survey Siap Gunakan Kendaraan Listrik untuk Kegiatan Operasional

Haris mengungkapkan, pergeseran pemanfaatan energi yang sudah mulai harus bergerak menuju energi bersih dan meninggalkan bahan bakar fosil. Pergerakan menuju energi hijau ini perlu didukung oleh kesiapan nasional dan perkembangannya menjadi tanggung jawab bersama.

“Eropa sudah berhenti menggunakan batubara, di China sudah tidak ada lagi motor berbahan bakar fosil, Indonesia sendiri satu per satu sudah mulai masuk beberapa adaptasi energi hijau, kita sudah punya pembangkit listrik tenaga angin,” ujarnya.

“Untuk nikel, kita bisa manfaatkan ini sebagai bahan baku baterai, kita juga ada program B30 yang tahun depan menjadi B40, artinya peningkatan presentasi CPO (crude palm oil) sebagai campuran solar murni, untuk pelan-pelan menggeser kebutuhan kita akan energi fosil yang pasti akan habis,” tambah Haris.

Baca juga: Holding ID Survey Diharapkan Jadi Top 5 Leader di Asia Pasifik

 


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Waluyo Handoko mengatakan, kerjasama dengan pendidikan tinggi diharapkan dapat membangun ekosistem yang terintegrasi dan sinergis.

“Kami berkeyakinan kerja sama yang saling menguntungkan antara perguruan tinggi dengan IDUKA (Industri, Dunia Usaha, dan Kerja), akan memberi penguatan bagi kedua belah pihak untuk tumbuh sekaligus berkembang,” kata Waluyo.

Waluyo mengatakan, kerja sama antara sektor pendidikan dan IDSurvey diharapkan saling mengelaborasi potensi masing-masing yang dimiliki.

“Sehingga, kita bisa saling berbagi peran, khususnya dalam tridharma perguruan tinggi, pengembangan sumberdaya manusia, fasilitasi MBKM serta berbagai kegiatan lain yang punya nilai strategis dan konstruktif,” tegas Waluyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com