Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Nama Mata Uang Resmi Negara Argentina?

Kompas.com - 21/12/2022, 14:41 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Apa nama mata uang Argentina? Mata uang resmi negara Argentina adalah nuevo peso Argentina atau lebih sering disebut sebagai peso.

Kode mata uang Argentina yang berlaku secara internasional adalah ARS. Untuk lebih mengenalnya, nilai mata uang Argentina perlu diperhatikan.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, termasuk terkait sejarah penggunaan mata uang resmi negara Argentina secara ringkas.

Baca juga: Apa Nama Mata Uang Negara Qatar Saat Ini?

Saat ini, peso Argentina diterbitkan oleh bank sentral negara, Banco Central de la República Argentina. Sebelum itu, sejumlah mata uang sempat berlaku di negara tersebut.

Sejarah nama mata uang Argentina

Dikutip dari Investopedia pada Rabu (21/12/2022), secara historis, istilah peso pertama kali merujuk pada koin Spanyol yang dikenal sebagai koin delapan real atau “kepingan delapan".

Koin ini digunakan sebelum dan sesudah Argentina memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1816.

Pada tahun 1826, negara tersebut mulai mengeluarkan mata uang kertas dalam dua format, fuete (ARF) dan Moneda Corriente. Keduanya dalam mata uang peso. Fuete bisa dikonversi menjadi emas, sementara Moneda Corriente tidak.

Baca juga: Apa Nama Mata Uang Negara Uni Emirat Arab?

Kemudian pada tahun 1881, Moneda Nacional (ARM) mulai menggantikan kertas sebelumnya, dan penggunaan Moneda Nacional berlanjut hingga tahun 1970. Pemerintah menghentikan konversi kertas menjadi emas pada tahun 1929.

Antara tahun 1970 dan 1983, peso ley (ARL) mulai menggantikan semua uang sebelumnya. Kemudian, pada tahun 1983, pemerintah pindah untuk mengganti mata uang tersebut dengan peso Argentina (ARP).

Peso Argentina lama dan baru

Peso Argentina yang berlaku saat itu berbeda dengan peso yang berlaku saat ini. Peso Argentina lama hanya digunakan sebentar dari tahun 1983 hingga 1985.

Baca juga: Apa Nama Mata Uang Resmi Papua Nugini?

Mata uang tersebut berjuang untuk mempertahankan nilainya dan digantikan oleh Austral (ARA) pada tahun 1985, dengan nilai 1 Austral hingga 1.000 peso.

Argentina mengalami periode hiperinflasi, dan mata uangnya dengan cepat kehilangan nilainya. Mata uang resmi lainnya mulai digunakan pada tahun 1992, yang disebut peso konversi (ARS) atau yang saat ini dikenal sebagai peso Argentina.

Nuevo peso Argentina ini telah digunakan sejak tahun 1992 ketika menggantikan austral Argentina (ARA), yang beredar dari tahun 1985 hingga 1991.

Nilai tukar peso Argentina

Peso Argentina baru mulai beredar pada tahun 1992 setelah periode depresi ekonomi yang parah di negara tersebut.

Baca juga: Apa Nama Mata Uang Resmi Negara Singapura?

Kesulitan ekonomi ini, yang berlangsung dari tahun 1989 hingga 2002, terjadi kurang dari satu dekade setelah "Depresi Hebat" Argentina yang lebih besar, yang berlangsung antara tahun 1974 dan 1990.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com