Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Perusahaan RI, Lembaga Standarisasi Skotlandia Kerja Sama Pelatihan Bidang Transisi Energi

Kompas.com - 16/02/2023, 16:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Standarisasi Internasional untuk Pelatihan Pengembangan Tenaga Kerja di bidang Migas dan Energi asal Skotlandia, Opito, bekerja sama dengan perusahaan dari Indonesia, Petrotekno, untuk pelatihan bidang transisi energi.

Kerja sama kedua belah pihak disaksikan Menteri Bisnis, Perdagangan dan Pariwisata Skotlandia Ivan McKee di Jakarta, pada Rabu, 15 Februari 2023.

“Indonesia dan Skotlandia memiliki target dan agenda bersama yakni mencapai net zero emission. Saya berharap bisa menghasilkan kerja sama yang baik antara keduabelah pihak,” kata McKee dalam acara tersebut, melalui keterangan pers, Kamis (16/2/2023).

Dengan kerja sama ini, Opito dan Petrotekno menawarkan kepada kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas di Indonesia pelatihan-pelatihan agar pekerjanya mendapatkan kemampuan menuju transisi energi yang diakui secara internasional.

Sebab, sertifikasi yang diberikan melalui perlatihan tersebut adalah setara dengan National Vocational Qualification (NVQ) dari UK dan Scottish Vocational Qualification (SVQ) dari Skotlandia.

Baca juga: Transisi Energi Dinilai Akan Jadi Langkah Besar BUMN

Petrotekno menjadi lembaga pelatihan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dapat memberikan pelatihan vokasi bersertifikasi Opito. Ini merupakan dukungan Opito terhadap industri migas dan energi di Indonesia," tambah Jeevinder Singh, Regional QA Manager-Asia Opito.

Direktur Petrotekno Hendra Pribadi menjelaskan, Opito juga mempercayakan lebih lanjut kepada Petrotekno untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang energi terbarukan.

"Pelatihan-pelatihan yang ditawarkan akan mencakup mengenai Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS), mengenai hydrogen energy, mengenai solar energy, dan lain lain," kata Hendra.

Baca juga: Kementerian ESDM: Indonesia Miliki Potensi EBT 3.686 GW untuk Modal Transisi Energi

Sebagai informasi, Petrotekno merupakan perusahaan penyedia pelatihan Operasi, Pemeliharaan dan Konstruksi yang berbasis di Indonesia.

Produk dan layanan Petrotekno meliputi Pelatihan Teknis, Konsultasi, Magang, Penilaian Keterampilan.

Sektor pasar Petrotekno meliputi konstruksi teknik dan banyak industri proses dan manufaktur termasuk minyak, gas, pertambangan, semen, farmasi, pembangkit listrik, dan petrokimia hilir.

Pasar Petrotekno ini semuanya membutuhkan Teknisi Listrik, Instrumentasi, dan Mekanik untuk membangun dan memelihara proses pabrik industri, serta Proses Operator untuk menjalankan fasilitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com