Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Operasikan PLTS Terapung Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 09/04/2023, 09:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN berhasil mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Apung terbesar di Indonesia dengan kapasitas 561 kilowatt peak (kWp).

PLTS Apung tersebut berada di kawasan Tambak Lorok, Semarang yang dioperasikan melalui anak usaha PLN yakni PLN Indonesia Power (PLN IP).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pengoperasian PLTS Apung terbesar di Indonesia tersebut merupakan sejarah baru, yang sekaligus akan meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) di dalam negeri.

Baca juga: Terbesar di Asia Tenggara, PLTS Terapung Cirata Ditargetkan Beroperasi Awal Tahun Depan

"Pembangunan PLTS ini merupakan wujud komitmen PLN bersama anak usahanya dalam upaya mendorong program transisi energi, mengurangi dampak perubahan iklim dan mencapai net zero emission (NZE) 2060," ujarnyaalam keterangan tertulis dikutip Minggu (9/4/2023).

Menurutnya, PLN memiliki strategi besar dalam mendukung transisi energi, yakni shifting away, beralih dari pembangkit berbahan bakar fosil menjadi pembangkit EBT. Oleh sebab itu, saat ini PLN mulai membangun pembangkit listrik berbasis EBT.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menambahkan, pembangunan PLTS Apung di Semarang tersebut merupakan bagian dari upaya optimalisasi lahan potensial yang diintegrasikan dengan renewable energy generation.

"PLTS Apung ini, dibangun di atas water pond seluas 1 hektar dengan waktu pembangunan selama 8 bulan," ungkapnya.

Baca juga: Kementerian ESDM: Aturan PLTS Atap Diharapkan Jadi Peluang Bisnis bagi Industri

Pada tahun pertama PLTS Apung ini akan memproduksi listrik ramah lingkungan sebesar 1,4 juta kWh per tahun, dan berkontribusi menurunkan emisi gas Co2 hingga sebesar 1.304 ton per tahun.

Edwin menegaskan, PLN memiliki program-program inisiatif transisi energi yang mengkonsolidasi dukungan berbagai pihak, baik entitas bisnis, lembaga pendanaan, yang didukung pemerintah untuk mencapai NZE di 2060.

"Hal ini merupakan wujud inovasi yang kami lakukan guna mendukung penyediaan energi bersih di Indonesia," tutupnya.

Baca juga: Pengusaha Menjerit Dengar Pemerintah Bakal Revisi Aturan PLTS Atap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com