Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bijak Kelola Dana THR, Agar Tak Cepat Habis

Kompas.com - 15/04/2023, 12:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak lama lagi umat Islam akan merayakan hari kemenangan, Lebaran Idul Fitri, dimana sebagian dari kamu sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Nah, agar THR tidak cepat habis, ada baiknya jika kamu menerapkan cara bijak dalam mengelola THR. Metta Anggriani, Certified Financial Planner mengatakan, hal pertama yang harus diingat dalam mengelola THR adalah pembagian anggaran.

“Ramadhan mengajarkan kita untuk mengendalikan diri, tapi kok malah kita buka puasanya berlebihan, ada THR masuk tapi belanjanya juga habis-habisan. Sehingga perlu mengatur keuangan di bulan Ramadhan, dengan bijak mengatur anggaran,” kata Meta secara virtual, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Kapal Api Buka Suara soal Isu Bangkrut dan Demo gara-gara THR

Nah, untuk lebih rincinya, simak beberapa tips agar THR kamu bisa dimanfaatkan dengan bijak:

1. Alokasi untuk amal

Di bulan Ramadhan, umat muslim berlomba untuk memberikan amal sebanyak-banyaknya. Di bulan penuh berkah ini, umat muslim yang mampu juga diwajibakan memberikan zakat. Alokasi zakat melalui THR, bisa dilakukan agar tidak mengganggu pos pengeluaran lebaran lainnya.

“Cara mengelola THR agar berkah, dimana harta itu dititipkan agar kita bisa membagikannya ke orang lain. Paling utama, kita gunakan THR itu untuk zakat, infaq, sedekah, dan wakaf,” ungkap Meta.

Meta mengatakan, pembagian THR juga bisa diberikan kepada orang-orang yang bekerja dan selama ini banyak membantu kamu. Misalnya, THR untuk Aaisten Rumah Tangga (ART), hingga penjaga keamanan tempat tinggal kamu.

Baca juga: THR Telah Tiba, Dipakai untuk Belanja atau Bayar Utang?

 


2. Bayar utang

THR juga bisa kamu gunakan untuk membayar utang. Kamu bisa mengalokasikan sebagian THR kamu untuk melunasi utang yang kamu miliki, sehingga di bulan selanjutnya pendapatan atau gaji kamu bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih penting.

“Yang punya utang, bisa dialokasikan THR-nya untuk bayar utang, sehingga kamu bisa melegakan rezeki orang lain, dan juga rezeki kamu,” ungkap Meta.

Baca juga: THR Telah Tiba, Sebaiknya untuk Belanja, Bayar Utang, atau Investasi?

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com