Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SLIS Meluncurkan Kendaraan Listrik Roda Tiga Khusus UMKM

Kompas.com - 26/04/2023, 15:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) melalui anak perusahaanya PT Juara Bike atau Selis memproduksi beragam kendaraan bemotor listrik, di antaranya Selis Pujasera yang semakin diminati pelaku usaha.

Direktur Utama Gaya Abadi Nusantara Edi Hanafiah Kwanto mengatakan, pihaknya pada tahun ini meluncurkan Selis Pujasera sebagai kendaraan listrik beroda tiga.

Produk ini dirancang untuk kebutuhan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berkeliling menjajakan dagangannya.

"Selis Pujasera ini dilengkapi dengan pedal yang bisa digowes oleh penggunannya. Pedal ini tidak berat karena dibantu oleh tenaga listrik. Dengan begitu, penggiat UMKM yang mengendarakan Selis Pujasera ini bisa menjangkau area berjualan yang lebih jauh dan mengeluarkan tenaga yang lebih sedikit,” ujar dia dalam keterangan resmi, Selasa (26/4/2023).

Baca juga: Dorong Peningkatan Produksi Motor Listrik, SLIS Tambah Modal melalui Right Issue

Ia menambahkan, produk ini dibekali dinamo berkekuatan 500 watt dan baterai SLA yang bisa berkendara sampai 20 km dengan kecepatan 15 km per jam.

“Selis Pujasera sudah dimodifkasi sedemikian rupa dan bekerja sama dengan beberapa merek dagang, seperti Xi Bo Bike, Kopi Jago, dan Baso Jagorawi,” imbuh Edi.

Ia bilang, kerja sama antara Selis dan ketiga perusahaan ini berdampak terhadap pengembangan tipe baterai lithium di Selis Pujasera agar jarak tempuh yang lebih jauh.

Tipe batrei ini memiliki ketahanan lebih lama dan bisa menghasilkan jarak tempuh hingga 300 km.

Baca juga: Tak Sengaja Beli Saham Perusahaannya, Direktur SLIS Jual Lebih Murah 1,5 Juta Sahamnya


Edi bilang, daya tahan baterai bertipe long range ini memicu minat perusahaan logistik untuk melirik kendaraan listrik sebagai kendaraan operasionalnya.

"Untuk tipe long range ini, Selis bekerja sama dengan PT Sentramitra Dayautama, sebagai perusahaan baterai lokal di Indonesia,” tandas Edi.

Sebagai informasi, SLIS membukukan laba bersih senilai Rp 42,34 miliar pada tahun 2022. Angka tersebut naik 66,56 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 25,42 miliar.

Selain itu, SLIS membukukan penjualan sepeda listrik (e-bike) sebanyak 6.500 unit dan sepeda motor listrik (e-motor bike) sebanyak 450 unit pada kuartal pertama 2023 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com