Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Akun yang Terkena "Shadowban" TikTok

Kompas.com - 26/04/2023, 18:35 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengalami shadowban TikTok tentu sangat merugikan. Apalagi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menangah (UMKM). Hal ini bisa berdampak pada menurunnya omzet penjualan toko.

Supaya akun bisnis tetap aman, UMKM perlu menghindari hal-hal yang menyebabkan akun terkena shadowban atau pemblokiran sepihak.

Namun, bagaimana jika akun terlanjur kena shadowban TikTok? Founder SekolahPebisnis dan marketing coach Yosef Abas memberikan solusi untuk mengembalikan akun yang kena shadowban TikTok.

Baca juga: Separah Apa Jalan Rusak di Lampung yang Lagi Ramai di TikTok?

Yosef menjelaskan, live selling sendiri menjadi salah satu strategi pemasaran yang menjanjikan dan TikTok menduduki peringkat pertama sebagai platform yang banyak digunakan oleh pelaku UKM.

Tentu hal ini menjadi peluang untuk terus meningkatkan penjualan, sehingga adanya shadowban terhadap konten atau akun UKM menjadi salah satu tantangan serius dalam melakukan live selling.

"Setiap platform media sosial memiliki aturan tersendiri, begitu juga dengan Tiktok. Ada sanksi yang akan diterima pengguna jika melanggar aturan yang ada, termasuk kena shadowban. Pastikan kamu tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh TikTok supaya akun bisa tetap aman dan kamu bisa berjualan dengan nyaman," ujar Yosef dalam keterangan resmi, Rabu (26/4/2023).

Baca juga: Inggris Denda TikTok Rp 237,94 Miliar karena Penyalahgunaan Data Pribadi


Ia menjelaskan, shadowban terjadi karena pelanggaran yang dilakukan oleh akun bisnis terhadap community guidelines atau regulasi yang dimiliki oleh TikTok sehingga akun atau konten akan mengalami pemblokiran.

Adapun akun yang mengalami shadowban bisa terjadi karena berbagai pelanggaran, seperti pelanggaran dasar, akun atau konten terindikasi spam, menyebut aplikasi atau nama marketplace yang serupa, berbicara kotor saat live, dan melakukan live sambil merokok.

Dengan begitu bagi yang biasa melakukan live selling di TikTok, perlu berhati-hati dalam hal pemilihan kata maupun metode dalam melakukan live.

Baca juga: TikTok Bakal Hapus Seller yang Jual Pakaian Bekas Impor di TikTok Shop

Ada beberapa ciri akun yang terkena shadowban, seperti video tidak pernah muncul di For Your Page (FYP) dan tidak muncul ketika ditelusuri di search bar, orang lain sulit untuk menemukan konten, views konten yang lain mulai menurun, dan video live susah mendapatkan penonton.

Ketika akun terlanjur terkena shadowban, berikut ini 4 cara yang bisa diterapkan untuk mengembalikan akun:

1. Update Akun Menjadi TikTok Pro

TikTok Pro dinilai jauh lebih advance dibandingkan akun TikTok biasa. Dengan memiliki akun TikTok Pro, kamu bisa melihat analisis dan penjelasan terkait mengapa akun terkena shadowban. Alhasil, kamu bisa mengambil keputusan yang sesuai agar masalah dapat diselesaikan.

2. Hapus Konten yang Terkena Shadowban

Biasanya Tiktok akan menandai konten mana yang dirasa melanggar regulasi dan akhirnya menyebabkan shadowban. Adanya shadowban bisa mengurangi jumlah viewers. Saat mengalami hal ini, kamu tidak pelu panik. Kamu bisa hapus konten yang ditandai sebagai shadowban. Kemudian buat dan unggah konten baru yang berpedoman pada community guidelines di TikTok.

Baca juga: Kemenkop UKM Minta TikTok dkk Turunkan Konten Kreator yang Bikin Promosi Thrifting

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com