Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Respons Bos Indofood, Indomie Rasa Ayam Spesial Disebut Mengandung Zat Pemicu Kanker | Gagal Bayar Utang AS Bisa Picu Malapetaka Ekonomi

Kompas.com - 27/04/2023, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Taiwan Sebut Indomie Rasa Ayam Spesial Mengandung Zat Pemicu Kanker, Bos Indofood Buka Suara

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang angkat bicara menanggapi ihwal dua produk mi instan dari Indonesia dan Malaysia yang dijual di Taipei, Taiwan, ditemukan mengandung zat pemicu kanker atau zat karsinogenik oleh Departemen Kesehatan Taipei.

Franciscus mengatakan, pihaknya selalu mengikuti persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh negara pengimpor sebelum mengirim produk. Hal ini sesuai dengan prinsip perusahaannya.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga patuh akan persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh BPOM.

"Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar badan kesehatan negara pengimpor," ujar Franciscus Welirang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Selengkapnya klik di sini

2. YLKI Minta BPOM Audit dan Investigasi Produk Indomie yang Ditarik Taiwan

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Badan POM (BPOM) harus segera melakukan audit dan investigasi atas penemuan dua produk mi instan dari Indonesia dan Malaysia yang dijual di Taipei, Taiwan, mengandung zat pemicu kanker atau zat karsinogenik oleh Departemen Kesehatan Taipei.

Ketua Pengurus Harian Tulus Abadi mengatakan, dengan dilakukannya investigasi terhadap penemuan tersebut juga bisa memastikan apakah mi instan yang dijual di Taiwan juga beredar di Indonesia dan mengandung cemaran etilen oksida.

"Atau produk ekspor itu terjadi kontaminasi zat karsinogenik ketika diproduksi di Indonesia. Tapi BPOM harus pastikan apakah ini ekspor saja atau beredar di Indonesia?" ujar Tulus Abadi kepada media, Selasa (25/4/2023).

Selengkapnya klik di sini

3. Profil Anthoni Salim, Pemilik Indomie dengan Kekayaan Rp 111,2 Triliun

Produk Indomie kembali mendapatkan sorotan setelah Departemen Kesehatan Taipei mengumumkan Indomie Rasa Ayam Spesial dari Indonesia mengandung etilen oksida. Senyawa kimia itu disebut terkait dengan limfoma dan leukimia.

Limfoma adalah kanker yang memengaruhi kelenjar getah bening, sedangkan leukemia adalah kanker yang memengaruhi darah dan sumsum tulang. Indomie Rasa Ayam Spesial sendiri merupakan salah satu produk mi instan yang diproduksi oleh Indofood CBP. Perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan Indofood di Indonesia.

Indofood merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat Indonesia bernama Anthoni Salim. Selain Indofood, Anthoni Salim juga dikenal sebagai pemilik jaringan supermarket indomaret.

Dilansir dari Forbes, Rabu (26/4/2023) Anthoni Salim dan keluarga disebut memiliki kekayaan sebanyak 7,5 miliar dollar AS. Kekayaan Anthoni Salim yang merupakan pemilik Salim Group tersebut setara Rp 111,2 triliun (kurs Rp 14.837 per dollar AS). Kekayaan tersebut membuat Anthoni Salim menempati posisi kelima sebagai orang paling kaya di Indonesia.

Selengkapnya klik di sini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com