Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fintech Komunal Catat Transaksi Deposito dan Pinjaman UMKM Tembus Rp 1,75 Triliun di Kuartal I-2023

Kompas.com - 09/05/2023, 20:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan fintech Komunal melaporkan total transaksi deposito dan pinjaman UMKM mencapai Rp 1,75 triliun pada kuartal I-2023. Jumlah tersebut tumbuh 3,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Founder dan CEO Komunal Hendry Lieviant mengatakan, volume bisnis Komunal tumbuh dari tahun ke tahun. Pada 2019, penyaluran kredit Komunal sebesar Rp 70 miliar.

"Sementara, total transaksi deposito dan pinjaman jadi sebesar Rp 3,6 triliun pada tahun 2022," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (9/5/2023).

Komunal sendiri telah meluncurkan DepositoBPR by Komunal (PT Komunal Sejahtera Indonesia) yang merupakan aplikasi marketplace produk deposito.

Baca juga: Fintech Komunal Raih Pendanaan Rp 132 Miliar dari East Ventures

DepositoBPR by Komunal merupakan platform yang mengumpulkan produk deposito bank-bank BPR pilihan pada satu aplikasi.

Ia menilai, ada jarak finansial antara UMKM dalam mengakses pendanaan. Di sisi lain, pihaknya melihat Bank Perekonomian Rakyat (BPR) juga membutuhkan dukungan pendanaan untuk dapat menyalurkan permodalan kepada UMKM.

"Sehingga nasabah di seluruh Indonesia dapat dengan mudah menempatkan dana mereka di deposito BPR melalui aplikasi kami dan kemudian BPR dapat menyalurkannya kepada UMKM,” ujar dia.

Baca juga: Fintech Lending Dibayangi Kredit Macet, Komunal Pasang Strategi Hiperlokal

Ia menambahkan, mayoritas UMKM berada di kota-kota tier 2 dan 3, seperti halnya keberadaan BPR.

Dengan 6.000 kantor cabang di seluruh Indonesia, BPR dapat menjangkau UMKM dengan lebih efektif lantaran memiliki kehadiran secara lokal yang kuat.

"Sehingga bersama-sama BPR, Komunal yakin dapat menjadi tulang punggung dalam mengatasi kesenjangan inklusi finansial yang ada saat ini, khususnya yang dialami oleh UMKM kita," imbuh dia.

Hendry berharap, aplikasi DepositoBPR by Komunal dapat meningkatkan porsi penyimpanan dana nasabah di BPR.

Komunal juga baru saja membuka kantor di Jakarta. Sebelumnya, kantor Komunal berada di Surabaya, Jawa Timur. Komunal sendiri merupakan grup bisnis yang terdiri dari DepositoBPR by Komunal dan KomunalP2P.

Sebagai informasi, hingga kini Komunal telah mengumpulkan total funding sebesar 11,3 juta dollar AS dari berbagai perusahaan modal ventura.

Baca juga: IHSG Berbalik Menguat, Rupiah Ditutup di Zona Merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com