Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 UMKM Pamerkan Produk Unggulan di Ajang Kapnas Papua-Maluku 2023

Kompas.com - 14/06/2023, 15:19 WIB
Aprillia Ika

Editor

SORONG, KOMPAS.com - Sebanyak 15 UMKM binaan perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memamerkan produk unggulannya di ajang Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Salah satu booth yang menarik perhatian yakni es krim rumput laut besutan BUMDes Arar Berdikari. Cukup bermodalkan Rp 5.000,- pengunjung bisa mencicipi es krim berbahan dasar rumput laut.

“Es krim dibuat oleh kelompok perempuan di Desa Arar, Kabupaten Sorong. Proses pembuatannya dijamin higienis,” kata M. Yassin Rumbrawar, salah seorang pengelola, sambil menyorongkan satu cup es krim rumput laut untuk dicicipi peserta forum, melalui rilis SKK Migas, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Dukung Pemberdayaan UMKM di Makassar, BRI Insurance Bayarkan Klaim Asmik KTU

Tak hanya itu, booth Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) Sumur Olie Klamono binaan PT Pertamina EP juga menarik perhatian.

UMKM ini merupakan wadah usaha warga Kampung Klamono Olie yang berada di sebelah timur Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

UMKM ini memamerkan produk makanan olahan seperti keripik pisang dengan kemasan modern. Kebersihan dan keamanan dalam proses produksi sudah terjamin sehingga dapat dipasarkan secara resmi.

Baca juga: Papua Punya Potensi Besar Energi Terbarukan Capai 381 GW

Kemudian, booth yang juga ramai didatangi pengunjung adalah Roemah Kopi Roastery Sorong. Mereka menawarkan berbagai minuman olahan kopi seperti Cappuccino, Americano, Kopi Susu dan Kopi Hitam. Semua kopi yang disajikan asli kopi lokal Papua.

Di booth ini, pengunjung bisa mencicipi sajian kopi gratis. Hanya saja, untuk mendapatkannya perlu sedikit bersabar karena harus antre.

Menurut Ibu Uli, pengelola Roemah Kopi Roastery Sorong, pihaknya sengaja diundang oleh SKK Migas.

“Ini pertama kalinya kami ikut Forum Kapnas. Ternyata banyak peluang bisnis yang bisa ditindaklanjuti. Kemarin kami kedatangan pengunjung yang berpotensi jadi mitra pemasok kopi Nabire,” ujarnya bersemangat.

Baca juga: KKP Kembangkan Budidaya Ikan Nila di Papua

Selain mitra binaan KKKS, juga hadir mitra binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang datang jauh-jauh dari Bontang.

Anggi Annisa, Corporate Communication Pupuk Kaltim mengatakan, pihaknya hadir mempromosikan produk pupuk unggulan guna mendukung produktivitas sektor pertanian dan industri, yang juga memiliki potensi besar di Papua.

"Selama ini di Papua kami hanya memiliki jalur distribusi. Dalam waktu dekat, Pupuk Kaltim akan membangun pabrik pupuk amoniak dan urea di Fakfak,” ungkap Anggi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com