Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dugaan Laporan Keuangan Waskita dan WIKA "Polesan", Erick Thohir: Pasti Kita Hukum Keras

Kompas.com - 15/06/2023, 20:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, pihaknya bakal menindak tegas jika PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) terbukti memanipulasi laporan keuangan.

Menurutnya, tindakan tegas tersebut seperti yang sudah pernah dilakukan pada perusahaan-perusahaan pelat merah lainnya. Salah satunya, seperti pada kasus PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

"Ketika ada manipulasi laporan keuangan, Garuda pun kita tindak secara pidana. Sama juga, kalau ada laporan keuangan yang dipalsu-palsu, tidak hanya di Waskita dan WIKA, sudah pasti kita akan lakukan tindakan hukum keras,” ujar Erick saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: DPR Usul Bos Garuda Indonesia Dipindah, Benahi Waskita Karya

Ia menegaskan, dirinya tidak akan pandang bulu bagi siapa pun yang terbukti melakukan pelanggaran dan merusak kepercayaan publik terhadap BUMN. Terutama dalam hal "pemolesan" laporan keuangan.

"Kita tidak boleh memandang bulu kalau masalah hukum-hukum yang tentu membuat kepercayaan publik jatuh, apalagi kalau melanggar," kata dia.

Baca juga: Diduga Memanipulasi Laporan Keuangan, Ini Respons Waskita Karya

Sebelumnya, dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI pada Senin (5/6/2023), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mencurigai laporan keuangan dua BUMN Karya yakni WIKA dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk tidak sesuai dengan kondisi riil.

"Seperti Waskita, seperti WIKA ini memang pelaporan keuangannya tidak sesuai dengan kondisi riilnya, artinya dilaporkan seolah-olah untung bertahun-tahun padahal cashflow-nya tidak pernah positif sebenarnya," ungkap pria yang akrab disapa Tiko itu.

Baca juga: BEI Panggil Waskita dan Wijaya Karya Terkait Dugaan Manipulasi Laporan Keuangan

Ia mengatakan, Kementerian BUMN sedang melakukan investigasi bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait laporan keuangan yang tidak sesuai kondisi nyata tersebut.

Tiko bilang, pihaknya bisa melakukan penuntutan apabila terjadi pemalsuan laporan keuangan. Tindakan tegas ini diperlukan untuk memberi efek jera agar perusahaan tak lagi memalsukan laporan keuangan.

"Kami mulai lakukan ini, saya sudah lapor ke BPKP, apabila ada fraud dari sisi pelaporan keuangan kita bisa lakukan tindakan tegas dengan kerangka governance yang ada," katanya.

Baca juga: Waskita dan Wika Diduga Poles Laporan Keuangan, Pemerintah Lakukan Investigasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com