Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Bakal Berangkatkan 7.360 Jemaah Haji Tambahan

Kompas.com - 22/06/2023, 21:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bakal memberangkatkan 7.360 jemaah haji dari kuota tambahan tahun ini ke Arab Saudi. Hal ini sesuai dengan arahan Kementerian Agama (Kemenag).

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Prasetio mengatakan, mulanya maskapai pelat merah itu mendapat kuota mengangkut sekitar 104.000 jemaah haji.

Namun dengan tambahan kuota 7.360, maka total yang diberangkatkan Garuda Indonesia sebanyak 111.532 jemaah haji pada tahun ini.

Baca juga: Garuda Indonesia Tawarkan Diskon Tiket Pesawat hingga 80 Persen, Ini Rute-rutenya

"Untuk mengangkut 7.000 kuota tambahan, akan ada satu lagi (pesawat) tambahan yaitu seri Airbus," ujarnya dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (21/6/2023).

Ia menjelaskan, sebelum ada penambahan kuota jemaah haji, Garuda Indonesia sudah menyiapkan 14 armada yang seluruhnya berbadan lebar tau wide body, sedangkan kelompok terbang yang dilayani yakni sebanyak 287 kloter.

Maka dengan rencana penambahan satu armada lagi, Garuda Indonesia akan melayani total sekitar 300 kloter. Hingga 20 Juni 2023, Garuda Indonesia telah menerbangkan 102.346 jemaah ke Tanah Suci dengan sebanyak 284 kloter.

Baca juga: Ramai-ramai Anggota DPR Minta Garuda Indonesia Tambah Jumlah Pesawat

 

"Jadi ini sudah mulai diberangkatkan sejak 23 Mei 2023 sampai nanti berakhir 26 Juni 2023," kata Prasetio.

Adapun penerbangan jemaah haji dilakukan Garuda Indonesia melalui 9 embarkasi, yakni Banda Aceh (BTJ), Medan (KNO), Padang (PDG) Jakarta (CGK), Solo (SOC), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ) Makassar (UPG), dan Lombok (LOP).

Sebelumnya, Kemenag mengungkapkan Indonesia mendapatkan kuota tambahan dari Arab Saudi sebanyak 8.800 jamaah haji pada tahun ini. Terdiri dari 7.360 jemaah haji reguler dan 640 jemaah haji khusus.

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Tambah 5 Armada Baru Tahun Ini

Kuota haji reguler tambahan diperuntukkan bagi jemaah haji reguler berdasarkan urutan nomor porsi berikutnya yang meliputi tiga kelompok.

Mereka di antaranya jemaah haji reguler yang saat pelunasan tahap sebelumnya mengalami kegagalan sistem, jemaah haji cadangan yang telah melakukan pelunasan, dan jemaah haji reguler nomor urut porsi berikutnya setelah jemaah haji cadangan.

Baca juga: DPR Minta Kursi Kelas Bisnis untuk Berhaji, Garuda Disebut Bakal Untung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com