Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPXL Angkut 2.300 Ton Semen untuk Proyek Smelter Amman Mineral

Kompas.com - 26/06/2023, 21:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa transportasi infrastuktur dan perdagangan material PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) memulai pengiriman perdana 2.300 ton semen curah Tiga Roda tipe V ke Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengiriman ini merupakan bagian dari kerja sama MPXL dengan Sinohydro-Nem Consortium atau anak perusahaan Power China dalam pembangunan smelter Amman Mineral.

Direktur Utama MPXL Wijaya Candera mengatakan, pihaknya sudah mengangkut semen ke Sumbawa pada Juni 2023 dengan volume 2.300 ton.

"Perseroan akan melakukan beberapa pengiriman ke Sumbawa mulai Juni ini sesuai dengan kontrak. Proyek pengiriman material ini sendiri akan bertahap selama 18 bulan ke depan," ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Gandeng MPXL, China Garap Pembangunan Pulp Project di Tarakan

Ia menambahkan, ketika rangkaian pengiriman ini berjalan baik, pihaknya optimistis dapat menggarap pasar di daerah luar Sumatera dan Jawa.

Dalam kerja sama tersebut, MPXL mendapatkan kontrak jasa pengangkutan dan pemasok material terutama semen curah tipe OPC dan tipe V di project Smelter Aman Mineral Sumbawa dengan kapasitas total 100.000 ton.

Wijaya membeberkan, pada Juni 2023, pihaknya juga memenangkan tender untuk jasa pengangkutasn limbah abu batu bara (FABA) PLTU sebanyak 660.000 ton.

Baca juga: Viral Pengguna Tol Cikampek Utana Dikenakan Tarif Rp 724.000, Jasa Marga dan PUPR Buka Suara

"Dengan demikian dari sisi target pendapatan jasa angkut untuk tahun 2023 ini kami optimistis akan tumbuh melebihi target yg ditetapkan," tandas dia.

MPLX juga telah menyiapkan berbagai strategi pemasaran. Salah satunya pemasaran usaha dalam penyewaan alat berat dan kontruksi melalui anak perusahaan untuk fokus dalam pengembangannya agar mencapai target perseroan pada 2024.

Sebagai informasi, PT MPX Logistics International Tbk, mulai melakukan diversifikasi usaha jasa pengangkutan limbah batu bara (FABA) sejak mendapatkan perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan untuk armada truk perseroan pada tahun 2019.

Baca juga: Lowongan Kerja Dosen Tetap Non-ASN Unnes 2023, Ini Persyaratannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com